Follow Us

Twitter Akhirnya Bungkam Permanen Tokoh Kontroversial Alex Jones

Ricky Nugraha - Minggu, 09 September 2018 | 14:00
Alex Jones
Ars Technica

Alex Jones

HAI-online.com - Setelah sempat memperingatkan Alex Jones lewat penonaktifkan akun selama seminggu pada Agustus lalu, minggu ini Twitter akhirnya menjatuhkan hukuman lebih berat kepada sang tokoh kontroversial itu dengan memblokirnya secara permanen.

Akun milik Jones dengan handle @realalexjones telah ditutup dari layanan Twitter dan Periscope. Begitu juga dengan akun situs media ekstrim kanan @infowars yang dimiliki oleh Jones.

Keduanya hanya menampilkan pesan bertuliskan “account suspended” ketika dibuka.

Pihak Twitter menyatakan telah memutuskan untuk menendang Jones dikarenakan kelakuannya selama ini.

“Kami mengambil tindakan berdasar laporan tweet dan video yang diunggah kemarin, yang melanggar kebijakan terkait perilaku kasar, di samping pelanggaran-pelanggaran sebelumnya,” tulis Twitter, dalam sebuah kicauan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Jumat (7/9/2018).

BACA JUGA: Siapakah Alex Jones? Seluruh Kontennya di YouTube, Spotify, Facebook dan Apple Kok Dihapus?

Langkah Twitter ini mengikuti sejumlah pengelola media sosial dan perusahaan teknologi lain, yakni Facebook, YouTube, dan Apple yang telah lebih dulu kompak memblokir Jones berikut Infowars pada awal Agustus.

Ketika itu Jones ribut memprotes pemblokiran dirinya lewat Twitter, karena memang belum diblokir dari Twitter yang merasa Jones belum melanggar peraturan.

Twitter juga didesak oleh banyak penggunanyauntuk memblokir Jones, lalu memberinya hukuman berupa penonaktifan selama sepekan.

CEO Jack Dorsey mengatakan kelakuan Jones akan dimonitor untuk mempertimbangkan langkah selanjutnya.

Kemudian, datanglah hukuman yang lebih berat dari Twitter berupa pemblokiran permanen ini.

Pengikut Jones dan Infowars yang jumlahnya mencapai 1,5 juta pun tak bisa lagi menyimak aneka ocehan sang tokoh kontroversial itu.

Di Amerika Serikat, Alex Jones yang dekat dengan Presiden Donald Trump dikenal sebagai figur ekstrim kanan yang dinilai banyak menebar hasutan, fitnah, hingga teori konsporasi nggak mendasar. (Oik Yusuf)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Twitter Akhirnya Bungkam Tokoh Kontroversial Alex Jones".

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest