Follow Us

Stop Bawa Handphone ke Toilet Kalo Nggak Mau Buang-buang Air Karena Bakteri Ini!

Dewi Rachmanita - Sabtu, 08 September 2018 | 18:50
Kebiasaan Bermain Ponsel di Toilet
iStockphoto

Kebiasaan Bermain Ponsel di Toilet

HAI-Online.com - Siapa nih yang suka bawa ponsel ke toilet? Kalau di antara lo emang ada, HAI saranin untuk stop mulai dari sekarang. Pasalnya nih ponsel menjadi sumber bakteri, apalagi kalau dibawa ke toilet.

Dilansir dari National Geographic Indonesia, dalam studi di jurnal ilmiah Peer J, pakar biologi dari Universitas Oregon, Amerika Serikat bilang 82% bakteri yang ada di ponsel ada juga di jari.

Bakteri itu ada beberapa famili bro, yaitu Streptococcus, Staphylococcus, dan Corynebacterium.

Baca Juga : Nggak Semua Orang Harus Mandi Setiap Hari Kok, Jadi Santai Aja

Banyaknya bateri di HP juga disebut dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Arizona. Dalam penelitian tersebut, terungkap nih kalau ponsel membawa sepuluh kali lipat jumlah bakteri yang ada di dudukan toilet.

Selain itu, studi dari Insurance2go juga menyebut kalau layar ponsel, tombol kembali, tombol pengunci, dan tombol home, lebih banyak mengandung kuman dibanding tempat duduk toilet atau flush. Wihh!

Sejalan dengan berbagai penelitian itu, Dokter Urologi di Orlando Health Florida, Jamin Brahmbatt pun bilang kuman dan bakteri yang ada di ponsel bisa tersebar bro saat lo mengetik atau main.

Efeknya nih, ponsel yang dibawa ke toilet bakal memungkinkan bakteri dan kuman bahkan virus berkumpul lebih banyak lagi. Bisa loh timbul beberapa penyakit, kayak sakit perut dan diare karena bakteri E. Coli.

Nah, makanya bro ke depannya lo mesti selalu cuci tangan setelah dari toilet. Selain itu nggak usah deh bawa lagi ponsel ke toilet. Jangan lupa untuk semprot cairan antiseptik juga ya ke layar ponsel biar meminimalisir bakeri. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest