Follow Us

Alasan Kenapa Supreme Nggak Bisa Patenkan Logo Box Ikoniknya

Ricky Nugraha - Sabtu, 08 September 2018 | 15:06
Logo Box Supreme
Wikimedia Commons

Logo Box Supreme

HAI-online.com - Meskipun hampir semua barang yang dilabeli dengan logo Supreme memiliki nilai jual tinggi, hal tersebut nampaknya nggak lantas membuat Supreme dapat mengklaim kepemilikan atas logo tersebut.

Mungkin alasan yang paling populer adalah bahwa mereka bukanlah yang pertama kali menampilkan logo ikonik tersebut.

Tulisan putih dengan font 'Futura Bold Oblique' dalam kotak berwarna merah tersebut memiliki kemiripan yang sangat mencolok dengan karya seorang seniman kolase bernama Barbara Kruger.

Barbara Kruger sendiri sudah menggunakan gaya ikonik ini pada tahun 1981.

Baca Juga : Supreme Bagi Kaos Gratis untuk Orang yang Kenali Pelaku Vandalisme Tokonya

Karya Barbara Kruger
idolmag.co.uk

Karya Barbara Kruger

Karya Barbara Kruger
barbara_kruger45

Karya Barbara Kruger

Karya Barbara Kruger
barbara_kruger45

Karya Barbara Kruger

Seperti contohnya beberapa gambar di atas. Kalian salah kalau berpikir itu adalah bentuk promosi dari Supreme. Itu adalah karya-karya asli buatan Barbara Kruger.

Terlebih lagi, kata-kata superlatif dalam bahasa Inggris seperti "best", "original", dan tentunya "Supreme", nggak bisa dipatenkan menurut US Patent and Trademark Office (USPTO).

Ada juga permasalahan branding karena nggak memiliki karakter yang benar-benar khas.

Dan pada dasarnya, logo tersebut juga menggunakan font 'Futura', yang mana bukan mereka yang menciptakan.

Meski begitu, ketidakmampuan Supreme untuk membuktikan keunikannya sepertinya bukan menjadi masalah besar.

Nyatanya, produk-produk tetap saja laku terjual meski harganya selangit. Lalu, milenial mana sih yang nggak tahu apa itu Supreme? (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest