Follow Us

Ternyata Ada Makhluk Nggak Terlihat yang Hidup di Wajah Kita

- Kamis, 06 September 2018 | 14:30
Ilustrasi makhluk

Ilustrasi makhluk

HAI-ONLINE.COM - Tanpa kita sadari, kita semua memiliki sejumlah hewan yang hidup di permukaan wajah kita. Mereka nggak dapat dilihat, namun mereka ada.

Mereka adalah tungau mikroskopis, berkaki delapan yang mirip dengan laba-laba. Mengerikan?Hampir semua manusia memilikinya. Mereka menghabiskan hidup mereka di atas wajah kita.

Mereka makan, berkembang biak dan akhirnya mati. Sebelum kita lari ke kamar mandi dan membersihkan wajah, kita harus tahu bahwa ternyata makhluk mikroskopis ini nggak membahayakan nyawa.

Ada dua jenis tungau yang hidup di wajah kita, Demodex folliculorum dan D. Brevis. mereka adalah hewan arthropoda, kelompok hewan yang masuk dalam kategori hewan bersendi, berkaki seperti kepiting dan serangga.

Kerabat terdekat mereka adalah laba-laba dan kutu.

Baca Juga : Code Mixing, Penyebab Orang Jaksel Campur Bahasa dan Jadi Bercandaan

Tungau Demodex memiliki delapan kaki pendek dan gemuk di dekat kepala mereka. Tubuh mereka memanjang, mirip seperti cacing.

Di bawah mikroskop, mereka terlihat sedang berenang-renang di minyak yang berada di wajah kita, dan bergerak sangat cepat.

Tungau Demodex tinggal di pori-pori kulit dan folikel rambut, sedangkan D.brevis lebih suka menetap di tempat yang lebih dalam yakni di kelenjar sebaceous.

Kelenjar mikroskopik yang berada tepat di bawah kulit yang mengeluarkan minyak. Selain di wajah, tungau ini juga ditemukan di daerah di tubuh kita yang lain, termasuk area genital dan dada.Para ilmuwan sebenarnya sudah mengetahui sejak lama bahwa manusia membawa tungau. Tungau D. folliculorum pertama ditemukan terdapat pada kotoran telinga manusia di Perancis pada tahun 1842.Pada tahun 2014 lalu, Megan Thoemmes dari North Calorina State University bersama koleganya menemukan bahwa sekitar 14% manusia memiliki tungau. Mereka juga menemukan DNA dari Demodex di setiap wajah yang mereka uji.

Populasi dari tungau ini mencapai ribuan. Selain itu, senggaknya ada dua ekor tungau di setiap sehelai bulu mata kita.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest