Follow Us

Auto Juara Umum Asian Games 2018, Nih 3 Kunci Kesuksesan China!

Agung Mustika - Kamis, 30 Agustus 2018 | 15:43
Dominasi Asian Games, ini 3 Kunci Kesuksesan China

Dominasi Asian Games, ini 3 Kunci Kesuksesan China

HAI-Online.com - Kehebatan China di kancah olahraga Asia bener-bener nggak terkoyakkan. Gimana nggak gitu, mereka berhasil jadi kolektor medali terbanyak di gelaran Asian Games 2018.

Tiga hari jelang penutupan Asian Games 2018, udah bisa dipastiin China bakal jadi juara umum di pesta olahraga se-Asia ini.

Hingga Kamis (30/8/2018) pukul 13.35 WIB, China udah ngumpulin total 224 medali dengan rincian 106 medali emas, 68 medali perak, dan 50 medali perunggu.

BACA JUGA: Sebelum Diajak Pelukan Jokowi dan Prabowo, Pesilat Hanif Ditampar Pelatihnya!

Sementara, Jepang di posisi kedua dengan total 163 medali dan Korea 132 medali di posisi ketiga.

Dalam sejarah Asian Games, China udah 9 kali keluar sebagai juara umum, sejak Asian Games 1982 di New Delhi, India, hingga Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Usut punya usut, Negeri Tirai Bambu nerapin 3 kunci kesuksesan mereka di kancah olahraga. Penasaran? Ini dia strategi mereka!

1. Sistem Negara

Pengamat olahraga dari Universitas Surabaya, Prof. Dr. Hari Setijono, M.Pd, menilai, keperkasaan China menjuarai Asian Games dari tahun ke tahun salah satunya karena didukung sistem negara, sob.

“Kalau di Indonesia kan demokrasi. Lah kalau di sana itu kan beda, Sosialis kan? Semuanya ditentukan oleh negara. Kalau semua ditentukan oleh negara, dari sistem pembinaan sampai penganggaran, sampai model apa yang mau dilakukan itu ditentukan oleh negara memang. Kalau di sini kan masih terpecah-pecah,” ujar Hari dilansir dari Intisari Online Kamis (30/8/2018).

2. Anggaran Langsung

Menurut Hari, di China, anggaran dana diberikan kepada masing-masing pihak secara langsung oleh negara.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest