Follow Us

Biar Nggak Kram Seperti Anthony Ginting, Ini 4 Cara Pencegahannya

Bayu Galih Permana - Kamis, 23 Agustus 2018 | 19:28
Anthony Ginting
Kompas.com

Anthony Ginting

HAI-Online.com - Kejadian nggak enak dialami oleh salah satu atlet Indonesia, Anthony Ginting yang terpaksa nggak bisa melanjutkan pertandingan pada partai final cabor bulu tangkis beregu putra Asian Games 2018 karena cedera akibat kram pada kakinya.

Menurut seorang terapis fisik asal Minnesota, Pamela Cole, kram biasanya terjadi akibat otot-otot pada kaki mengalami kekakuan ketika berkontraksi karena rasio air dengan elektrolit nggak seimbang.

"Kram kaki terjadi, ketika otot-otot kaki berkontraksi sendiri, lalu terjadi kekakuan otot karena ada ketidakseimbangan dalam rasio air dengan elektrolit (yaitu kalium, natrium , magnesium, dan kalsium)," kata Cole seperti yang dilansir dari kompas.com.

Nah belajar dari sana, HAI bakal bagiin buat kalian apa saja sih yang bisa kamu lakuin untuk mencegah terjadinya kram seperti yang dialami Anthony Ginting kemarin (22/8).

1. Minum Banyak Air

Ilustrasi minum air putih
undark.org

Ilustrasi minum air putih

Kram sering terjadi ketika tubuh kita mengalami dehidrasi, meminum banyak air merupakan kunci untuk menjaga otot-ototmu bekerja dengan optimal.

CEK JUGA: Apapun Hasilnya, Anthony Ginting Sudah Jadi Pahlawan Indonesia

2. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Magnesium

Ilustrasi makanan yang mengandung magnesium
draxe.com

Ilustrasi makanan yang mengandung magnesium

Magnesium memiliki peran penting dalam tubuh di antaranya membantu proses pencernaan, komunikasi antar sel saraf, dan mengatur gerakan otot-otot.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest