Follow Us

Aksi 2 Orang yang Jadi Pahlawan dalam Upacara Pengibaran Bendera

Bayu Galih Permana - Sabtu, 18 Agustus 2018 | 15:21
Joni Kala selamatkan upacara pengibaran bendera merah putih di NTT
Tribunnews.com

Joni Kala selamatkan upacara pengibaran bendera merah putih di NTT

HAI-Online.com - Bertepatan dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-73, muncul dua buah video yang viral di jagat media sosial tentang orang-orang yang menjadi penyelamat dalam upacara pengibaran bendera.

Video pertama menunjukkan seorang anak SMP yang memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali yang putus di tengah upacara bendera yang dilakukan di Atambua, Belu, NTT.

Kejadian ini bermula saat bendera hendak ditarik tiba-tiba putus dan membuat sang merah-putih nggak bisa dikibarin sob, dan saat itu camat Tasifeto Timur langsung meminta saja yang bisa untuk memanjat tiang bendera.

BACA JUGA: Alasan Griezmann Memakai Bendera Uruguay Saat Memenangkan Piala Dunia

Mengetahui hal tersebut, bocah SMP yang ada di video, Joni Kala langsung mendekat dan menawarkan diri untuk memanjat dan memperbaiki tali yang putus di tiang bendera itu, sehingga upacara pengibaran bendera bisa dilanjutkan kembali.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi pun dibuat kagum dengan aksi heroik dari bocah yang bernama lengkap Yohanes Gama Marchal ini, dan menjanjikan akan mengundang Joni Kala ke Jakarta untuk menonton Asian Games 2018.

"Dia ingin Merah Putih berkibar. Joni secara nyata, tanpa ada persiapan, tanpa disuruh, tanpa dipaksa dan bahkan sampai ada yang minta dia turun, tapi tekadnya tidak pupus, sebaliknya semakin bulat. Dia naik ke ujung tiang tertinggi untuk memperbaiki."

"Akan saya panggil Joni, saya undang ke Jakarta," ujar Imam Nahrawi saat dijumpai Kompas di Kompleks Istana Presiden.

CEK JUGA: Dari Thierry Henry Sampai De Niro, Ini 5 Seleb yang Ultahnya 17 Agustus

Selain aksi heroik Joni Kala dari NTT, beredar juga sebuah video yang menunjukkan seorang prajurit TNI memanjat tiang bendera untuk membenarkan tali bendera yang nggak sengaja terlepas ketika pengibaran bendera sob.

Video ini pertama kali muncul dalam akun Instagram @kabarklaten dan diketahui terjadi saat upacara pengibaran bendera merah putih yang dilakukan di lapangan Barepan, Cawas.

Luar biasa ya mereka sob, berani menantang bahaya supaya bendera merah putih bisa dikabarkan di upacara perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-73, dua jempol deh pokoknya.

Dirgahayu Indonesia-ku, Merdeka! (*)

Source : Instagram, Twitter

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest