Follow Us

Malang Diguncang Gempa Bumi Tektonik Dangkal Berkekuatan 5,2 SR

Dewi Rachmanita - Rabu, 08 Agustus 2018 | 17:44
Gempa di Malang 5,2 skala richter
instagram/infobmkg

Gempa di Malang 5,2 skala richter

HAI-Online.com - Belum usai duka bencana gempa bumi yang terjadi di Lombok, Bali, dan sekitarnya, kali ini Indonesia kembali diuji dengan bencana lain bro. Gempa bermagnitudo atau berkekuatan 5,2 mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Rabu (8/8) sekitar pukul 13.09 WIB.

Berdasar rilis resmi BMKG, gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Samudera Hindia selatan Jawa Timur. Episenter gempa ini berada di koordinat 8,92 LS dan 112, 41 BT atau di laut pada jarak 88 km arah selatang Kota Kepanjen, Kabupaten Malang.

Kedalaman gempa bumi ini yakni 42 km dan masih tergolong dangkal. Gempa bumi ini juga nggak berpotensi tsunami.

BACA JUGA: Anak Muda Gampang Sembuh dari Trauma Gempa, Begini Tiga Caranya!

Gempa bumi ini terjadi karena aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia. Lebih jauh lagi bro, ini dibangkitkan deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault).

Nggak cuma Malang aja yang merasakan gempa bumi ini, tapi juga Karangkater, Blitas, Tretes, Tulungagung, Lumayang, Yogyakarta, dan Kuta.

Sebelumnya Tanah air kita tercinta baru saja diguncang oleh gempa bumi, tepatnya di Lombok Utara, NTB, dan sekitarnya kemarin malam (5/8), yang berpusat di 8.37 LS,116.48 BT, sekitar 27 km di arah timur laut pada kedalaman 15 kilometer.

Menurut informasi terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin (6/8/2018) pukul 04.00 Wita, jumlah korban meninggal akibat gempa magnitudo 7 yang terjadi semalam (5/8) berjumlah 82 orang.

Gempa tersebut juga mengakibatkan ratusan orang korban luka-luka serta ribuan rumah mengalami kerusakan dan diperkirakan bisa bertambah karena masih terus dilakukan pendataan.

Selain di Lombok, ternyata dalam 5 tahun terakhir Indonesia juga beberapa kali diguncang oleh gempa bumi dengan skala guncangan besar sob.

1. Gempa Bumi Aceh (2013)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest