Follow Us

Lombok Litera[k]si: Komunitas Literasi Anak Muda Yang Kini Jadi Satgas Gempa di Lombok

HAI Internship - Senin, 06 Agustus 2018 | 16:42
Gerakan Lombok Litera[k]si
http://instagram.com/pedrogondem

Gerakan Lombok Litera[k]si

HAI-Online.com - Julukan agen perubahan emang pas disandang anak muda, termasuk anak muda di Lombok yang tergabung dalam komunitas Lombok Litera[k]si.

Bagaimana tidak, tim relawan Lombok Litera[k]si terus membantu memberikan informasi terkait kondisi gempa di sana.

Tak heran, sejak kejadian pada Minggu (5/8) kemarin, di mana daerah Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat yang kembali lagi diguncang gempa berkekuatan 7,0 SR, tim terus mengapdet kondisinya.

Laporan terbaru dikutip HAI.grid.id dari Kompas.com, menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) Sutopo Purwo Nugroho, jumlah korban meninggal yang berasal dari Kabupaten Lombok Utara juga punya jumlah yang paling tinggi, yaitu 65 orang dari total 82 orang.

BACA JUGA: Anak Muda Gampang Sembuh dari Trauma Gempa, Begini Tiga Caranya!

Hingga saat ini, tim relawan Lombok Litera[k]si yang sedang berada di lokasi pun sampai siang tadi pukul 11, masih menginformasikan kejadian gempa susulan yang berlangsung sejak semalam.

Namun, keadaan sejauh ini sudah lebih baik dan cukup kondusif, terutama bagi masyarakat daerah Lombok Timur.

Selain itu, wilayah Lombok Utara yang letaknya paling dekat dengan titik gempa, masih cukup sulit diakses. Banyak jalanan dan bangunan yang rusak, termasuk bangunan pemerintahan. Jalan yang rusak juga cukup menghalangi akses para relawan yang ingin memberikan bantuan.

Maka dari itu untuk para relawan yang ingin datang ke daerah Lombok Utara, sebaiknya menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil bak terbuka. Jangan menggunakan mobil biasa atau bis, karena jalan dan jembatan di daerah itu sedang rusak parah dan akan sangat berbahaya untuk dilewati.

Walaupun keadaan masih cukup kacau, untungnya nggak menghalangi pergerakan para relawan yang sedang memberi bantuan ke lokasi-lokasi pengungsian warga, juga posko bantuan. Para relawan ini berasal dari berbagai daerah dan organisasi juga komunitas. Salah satunya adalah komunitas Lombok Litera[k]si.

Komunitas Aksi Literasi

Komunitas Lombok Litera[k]si (LL) ini adalah sebuah komunitas yang ingin memberikan dampak literasi pada orang-orang di sekitarnya. Caranya adalah membuat berbagai event dengan elemen literasi di dalamnya. Event inilah yang kemudian disebut aksi. Hal ini kelihatan banget dari nama komunitas ini sendiri, yaitu Lombok Litera[k]si, menitikberatkan pada aksi dan huruf K yang diberi tanda kurung.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest