Follow Us

Setelah 15 Tahun, Malam Ini Mars Bakal Berada Sangat Dekat Dengan Bumi

Alvin Bahar - Selasa, 31 Juli 2018 | 11:37
Mars akan berada dalam jarak terdekat dengan Bumi.
Pixabay

Mars akan berada dalam jarak terdekat dengan Bumi.

HAI-ONLINE.COM - Mars merupakan planet keempat dari Matahari di tata surya kita. Mars juga merupakan planet tetangga Bumi karena berada di sebelah Bumi. Planet Merah ini juga jadi planet kedua terdekat dari Bumi setelah Venus.

Nah, hari ini, 31 Juli 2018, ternyata merupakan hari yang spesial untuk Bumi dan Mars. Karena hari ini, Mars berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi.

Seberapa Jauh Mars dan Bumi?

Kalau ditanya, seberapa jauh jarak dari rumah ke sekolah, mungkin kamu menjawab dengan pasti. Namun, kalau ditanya seberapa jauh jarak dari Bumi ke Mars, mungkin kamu belum bisa menjawabnya.Para astronom juga nggak bisa menjawab dengan pasti karena jarak Bumi dan Mars selalu berubah-ubah.Bumi dan Mars sama-sama mengelilingi Matahari dalam orbit yang berbentuk elips.

Cek: Cosplay Thanos dan Gamora Kecil oleh Ayah-Anak Ini Viral di InternetAda kalanya, Mars akan berada jauuuh sekali dari Bumi, yaitu sekitar 401 juta kilometer. Namun, ada juga waktunya saat Mars berada sangat dekat dari Bumi.Jarak terdekat yang pernah tercatat adalah sekitar 56 juta kilometer, terjadi pada 2003 lalu.Jarak Terdekat dengan Bumi

Tahun ini, Mars sedang berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi dan mencapai puncaknya pada hari ini. Malam ini, kita bisa melihat Mars sangat dekat dengan Bumi, hanya berjarak sekitar 57,6 juta kilometer saja.Yap, jarak ini memang masih lebih jauh daripada jarak pada 2003 lalu.Namun, inilah jarak terdekat Mars dengan Bumi setelah 15 tahun terpisah jauh.

Nggak Sebesar Bulan

Hati-hati dengan hoaks yang mengatakan bahwa Mars akan terlihat sangat besar! Mars nggak akan terlihat sebesar Bulan purnama, ya.Walaupun sangat dekat dengan Bumi, tapi jaraknya masih lebih dekat Bulan ke Bumi. Maka itu, Mars tetap hanya akan terkuhat seperti bintang yang terang dengan rona kemerahan.Kalau punya teleskop, kamu bisa mengamati Mars dengan lebih jelas lagi.Selamat menikmati indahnya Mars di langit malam ini!

Teks: Cirana Merisa

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest