Follow Us

10 Fakta Gempa 6,4 SR yang Guncang Lombok Yang Perlu Kamu Tahu

HAI Internship - Senin, 30 Juli 2018 | 17:53
Gempa berukuran 6,4 SR yang terjadi di Lombok mengakibatkan belasan korban jiwa, ratusan korban luka, dan kerugian miliaran rupiah
Kompas.com

Gempa berukuran 6,4 SR yang terjadi di Lombok mengakibatkan belasan korban jiwa, ratusan korban luka, dan kerugian miliaran rupiah

HAI-Online.com - Gempa berkekuatan 6,4 SR kemarin mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat! Gempa yang terjadi pada Minggu (29/7) pukul 05.47 ini nggak cuman terjadi sekali sob, tapi disusul berkali-kali oleh gempa yang berkekuatan lebih kecil. Korban dan kerugian yang dihasilkan nggak main-main, belasan korban tewas, ratusan terluka, dan kerugian miliaran rupiah diprediksi bakal terus bertambah.

Sejauh ini, banyak banget informasi-informasi yang terus diberitakan. Lantas, sejauh ini apa aja sih yang udah terjadi seputar gempa Lombok ini? Nah untuk itu, HAI udah ngumpulin 8 fakta seputar gempa Lombok, yang dikurasi dari Kompas.com:

1. Jumlah korban tewas bertambah jadi 14 orang

Para korban tewas akibat gempa bertambah menjadi 14 orang. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BPNB, Sutopo Purwo Nugroho, ada 14 korban meninggal dunia dan 162 orang luka-luka.

2. Ada ratusan gempa susulan

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKG) Dwikorita Karnawati, sampai Minggu jam 10 malam, sudah ada 213 gempa susulan. Magnitudo terbesar tercatat mencapai angka 5,7 SR, sob!

3. Terasa hingga Sumbawa dan Bali

Gempa berkekuatan 6,4 SR ini terjadi pada koordinat 8,4 LS dan 116,5 BT atau tepatnya di darat pada jarak 47 km arah timur laut Kota Mataram, Propinsi Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 24 km. Makanya, kekuatannya bisa dirasakan hingga ke Sumbawa dan Bali.

4. Masih ada pendaki Rinjani yang terjebak

Sampai jam 15.00 wita, masih ada 333 pendaki Gunung Rinjani yang terjebak di atas. Mereka nggak bisa turun karena jalan turun tertutup longsor akibat gempa. Pas gempa berlangsung, sebenarnya ada sekitar 1000 pendaki yang ada di atas, tapi sebagian besar bisa turun sebelum jalanan tertutup longsor.

5. 1 pendaki asal Makassar tewas di atas gunung Rinjani

Menurut Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Gusti Lanang, ada sekitar 300 pendaki yang masih ada di atas gunung Rinjani. Di antara mereka, ada 1 korban tewas asal Makassar yang identitas lengkapnya belum diketahui. Pendaki yang tewas ini mengalami luka di bagian kepala.

Source : Kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest