Follow Us

Perlu Kita Tahu, Ini Dia 4 Cara Mudah Cegah Uban untuk Anak Muda

Rian Sidik - Rabu, 18 Juli 2018 | 20:30
Masih Muda Kok, Ubanan?
Doc. HAI

Masih Muda Kok, Ubanan?

HAI-Online.com - Rambut adalah mahkota bagi setiap orang, baik cowok maupun cewek. Tentu aja, masalah pada rambut bisa merusak penampilan, salah satunya adalah uban.

Meskipun cenderung terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, tapi nggak jarang orang dewasa muda bahkan remaja mengalaminya.

Tahukah kamu bila kulit dan rambut memiliki zat warna? Zat tersebut disebut dengan melanin. Ada dua jenis melanin, yaitu eumelanin yang berwarna coklat gelap atau hitam dan pheomelanin yang berwarna kuning kemerahan.

CEK JUGA NIH: Waspada! 5 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi Kalo Kebanyakan Minum Air Lemon

Keduanya dibuat oleh sel melanosit yang berada di akar rambut dan di bagian bawah lapisan kulit paling luar (epidermis). Walaupun warna rambut itu berbeda-beda, utamanya dipengaruhi oleh ras, iklim, nutrisi, lingkungan tempat tinggal, dan saat usia bertambah tua warna rambut akan berubah menjadi putih. Rambut yang memutih ini lebih dikenal dengan uban.

Pada tahapan awal, ujung rambut akan berubah menjadi keabuan dan akhirnya memutih secara keseluruhan. Ini disebabkan karena melanosit yang berada pada akar rambut menjadi nggak aktif, menurun jumlahnya, dan lama-lama akan hilang.

Memutihnya rambut menjadi salah satu tanda penuaan karena biasanya muncul pada usia 30 tahun ke atas. Namun, beberapa orang ada yang sudah memiliki uban di usia muda, yaitu sekitar usia 20 tahun. Kondisi ini disebut juga dengan ubanan dini.

Nggak perlu cemas, kamu bisa mencegah uban di usia muda ini dengan kiat-kiat jitu yang mudah dilakukan, seperti berikut ini.

1. Penuhi nutrisi untuk rambut

Kekurangan nutrisi yang penting bagi rambut bisa menjadi salah satu penyebab uban muncul lebih cepat.

Maka itu, para ahli sepakat bahwa untuk mencegah uban di usia muda, kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin B9, tembaga, dan zink. Semua mineral dan vitamin itu bisa dengan mudah kita dapatkan dari telur, ikan, bayam, asparagus, sawi hijau, tiram, kerang, daging sapi, kacang mete, kacang hazelnut, dan almond. Baca juga: Makanan Sehat untuk Kurangi Kerontokan Rambut

2. Kelola stres

Source : Kompas.com

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest