Follow Us

Mahasiswa UGM Jadi Asia Juarai Kompetisi Mobil Pintar Tingkat Dunia

Dewi Rachmanita - Selasa, 17 Juli 2018 | 16:43
Tim dari UGM Menang di Kompetisi Dunia
ugm.ac.id

Tim dari UGM Menang di Kompetisi Dunia

HAI-Online.com - Berita membanggakan kembali datang nih sob dari anak bangsa. Kali ini tim dari UGM yang mewakili Indonesia sekaligus Asia menang kompetisi dunia inovasi teknologi lewat mobil pintar. Lomba ini sendiri diadakan di London, Inggris pada 5 Juli lalu bertajuk Shell Ideas 360.

Dilansir dari situs resmi UGM, tim dari UGM itu yang terdiri dari Thya Luarencia Benedita Araujo, Herman Amrullah, dan Sholahudin Allayubi mengaku membuat konsep mobil pintar berbahan bakar limbah plastik. Ide awalnya berasal dari ramainya pemberitaan kalau Indonesia produsen sampah plastik kedua terbesar di dunia. Tim mereka ini sendiri dinamanakan Tim Smart Car MCS UGM.

Para kebanggan Indonesia ini nggak tanggung-tanggung menang dalam dua katagori sekaligus loh, yaitu Judges Choice dan Audience Voice.

Tim dari UGM Menang di Kompetisi Dunia
ugm.ac.id

Tim dari UGM Menang di Kompetisi Dunia

"Kita menyayangkan masalah plastik di Indonesia yang tidak termanajemen dengan baik. Jadi kita punya ide, mengapa kita tak mengubah sampah plastik menjadi energi sekaligus membantu kekurangan energi di Indonesia," kata Thya kepada BBC Indonesia.

Nggak hanya berbahan bakar limbah plastik, mobil pintar buatan mahasiswa-mahasiswa UGM ini juga punya teknologi khusus loh sob yang memiliki alat penyerap karbondioksida dari knalpot. Jadi, polusi bisa ditekan.

Tim dari UGM ini meraih juara dan berhasil menyingkirkan lebih dari 3000 ide lain loh yang berasal dari 140 negara. Kemenangan mereka ini sendiri menurut Chris Brauer, Direktur Inovasi dari Universitas London lantaran inovasinya bisa digunakan lansung orang terdekat dan kalau diwujudkan bisa mengubah perilaku kita dan menjadi pemeliharaan lingkungan. Lebih lanjut, mobil pintar mereka juga fokus ke konsumen.

Just FYI, dari konsep mobil pintar yang mereka rancang ini sebanyak 2 kilogram sampah plastik diolah menjadi 2,2, liter BBM.

Keren ya, bro, semoga bisa dikembangkan dan diwujudkan!

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest