Follow Us

Kenapa Melepas Ronaldo ke Juventus jadi Kesalahan Transfer Terbesar?

Rian Sidik - Selasa, 17 Juli 2018 | 13:00
Ronaldo Jersey Juventus
AFP/ ISABELLA BONOTTO

Ronaldo Jersey Juventus

HAI-Online.com - Kepindahan Ronaldo ke Juventus masih terus membuahkan banyak cerita seru. Salah satunya datang dari mantan Presiden Real Madrid, Ramon Calderon memberikan pendapatnya terkait dengan kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus pada bursa musim panas kali ini.

"Menjual Cristiano Ronaldo bukanlah kabar bagus, baik dengan harga 100 juta atau satu miliar euro," ucap Ramon Calderon seperti dikutip HAI dari BolaSport.com dan Sky Sports.

Menurut Calderon, nggak ada alasan yang bisa dibenarkan tentang keputusan Real Madrid menjual Ronaldo ke Juventus.

Calderon menganggap Ronaldo adalah aset terbaik klub dari segi teknis maupun nonteknis. Keputusan Real Madrid menjual Ronaldo dinilainya akan menjadi sebuah kesalahan transfer yang bersejarah.

"Real Madrid juga menyelipkan klausul satu miliar euro untuk mencegah langkah klub lain membelinya pada masa depan." kata Calderon.

BACA JUGA: Setelah di Juventus, Ronaldo Curhat tentang Rivalitasnya dengan Messi

"Cristiano Ronaldo telah menunjukkan bahwa tidak ada pemain lain yang seperti dia. Ini akan menjadi sebuah kesalahan yang bersejarah," tutur Calderon menambahkan.

Meskipun Ronaldo dilepas pada usia 33 tahun, Real Madrid masih mendapat keuntungan pada transfer tersebut.

Dana yang dikeluarkan Real Madrid saat memboyong Cristiano Ronaldo pada 2009 dari Manchester United adalah sebesar 80 juta pounds atau sekitar Rp 1,5 triliun.

Kini, Real Madrid menjual Cristiano Ronaldo yang telah berusia 33 tahun ke Juventus dengan harga lebih mahal.

Selain mendapat keuntungan dari selisih penjualan, Real Madrid juga sudah mendapat banyak kejayaan dari segi prestasi. Selama dibela Cristiano Ronaldo, Real Madrid total sudah meraih 19 gelar bergengsi termasuk empat trofi Liga Champions.

Source : Kompas.com

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest