Follow Us

Keren Banget! NASA Bakal Punya Pesawat Supersonik yang Nggak Berisik!

- Kamis, 12 Juli 2018 | 18:52
Keren Banget! NASA Bakal Punya Pesawat Supersonik yang Nggak Berisik!

HAI-ONLINE.COM - Misi NASA untuk menciptakan pesawat supersonik yang nggak bising, kini selangkah lebih maju dengan rencana uji coba pesawat yang akan dilakukan di atas Texas, negara bagian AS! Di tahun 1947, pesawat supersonik X-1 dengan kecepatan lebih cepat dari kecepatan suara pertama kali dikemudikan kapten Charles Elwood Yeager atau Chuck Yeager. Setelah lebih dari 70 tahun berlalu, Badan Antariksa AS (NASA) mengembangkan pesawat supersonik terbaru yang nggak bising dan nggak memekakkan telinga.

Lewat proyek Quiet Supersonic Technology, NASA menciptakan X-59 QueSST. Proyek ini dibuat oleh NASA bersama dengan Aerospace dan perusahaan pertahanan AS Lockheed Martin.Dilansir CNN, Rabu (4/7/2018), NASA mengumumkan akan menguji teknologinya di dekat pantai Galveston, Texas, AS. Uji coba ini sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa X-59 benar-benar nggak menimbulkan suara selagi melintas. Membangun proyek pesawat supersonik yang nggak menimbulkan suara adalah tantangan baru. Sebab, pesawat supersonik Concorde yang dibuat Perancis tahun 2003 harus dipensiunkan karena gelombang suara yang mengganggu. Sebelum X-59 lepas landas, NASA akan menguji pesawat lain yang dapat mengatasi kaboom atau suara ledakan yang biasanya ditimbulkan pesawat supersonik. Itu adalah pesawat jet F/A-18 milik NASA yang dapat menghasilkan bunyi lembut saat melewati kecepatan suara.

Cek: Beda dengan Thailand, ini 5 Kisah Tragis Manusia Terperangkap di GoaDi bulan November, NASA akan menerbangkan jet supersonik F/A-18 di atas Galveston. Mereka juga telah menyiapkan sensor khusus untuk mengukur tingkat suara di kota tersebut. Sementara itu, sekitar 500 relawan akan dimintai pendapatnya terkait suara F/A-18. "Tanggapan dari warga memungkinkan pemerintah dan dunia Internasional membuat aturan baru yang memungkinkan penerbangan supersonik. Dengan demikian, ini akan membuka pasar baru dalam transportasi supersonik komersial," jelas Ed Haering, insinyur aerospace dari Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong NASA. Setelah pengujian lebih lanjut dan persetujuan keamanan, NASA memprediksi X-59 dapat diterbangkan pada akhir 2022. Galveston dipilih sebagai lokasi pengujia karena daerah ini terletak di dekat teluk Meksiko yang memungkinkan jet tempur membuat ledakan sonik sangat keras ke laut, sementara suara nggak akan terdengar di kota.Rahasia pesawat supersonik tanpa suaraMenurut NASA, rahasia membuat pesawat supersonik tanpa suara ada pada bentuknya yang unik. Mereka merancang sedemikian rupa sehingga gelombang kejut supersonik nggak berkembang jadi ledakan yang kuat. "Pesawat X-59 tetap memiliki beberapa gelombang kejut karena sayap di pesawat menciptakan daya angkat dan volume pesawat," kata Haering. "Kita merancang bentuknya dengan sangat hati-hati agar getaran itu nggak menyatu dan menimbulkan suara," imbuhnya. Sebagai ganti dari suara ledakan keras, Haering berkata pesawat yang dibuatnya nantinya hanya akan mengeluarkan bunyi thump-thump sesekali yang lembut. Mungkin suara ini nggak akan didengar manusia. "Inilah mengapa F/18 sangat penting bagi kami sebagai alat percobaan. Sementara konstruksi berlanjut pada X-59, kita bisa menggunakan manuver menyelam untuk menghasilkan dentuman tenang di area tertentu," katanya.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Super Cepat dan Senyap, NASA Siap uji Coba Pesawat Supersonik Terbaru"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest