Follow Us

Siapa Sangka Kalo Lubang-lubang di Biskuit Ternyata Ada Fungsinya?

- Rabu, 11 Juli 2018 | 17:15
Siapa Sangka Kalo Lubang-lubang di Biskuit Ternyata Ada Fungsinya?

HAI-ONLINE.COM - Siapa yang nggak tahu biskuit. Kue kering yang dibuat dengan adonan tepung dan telur ini seperti nggak pernah habis popularitasnya. nggak percaya? Coba saja kunjungi rumah teman kalo atau rumah keluarga, kemungkinan besar, biskuit pasti tersedia.Walaupun jadi jajanan kering yang tersedia di mana saja, biskuit dianggap memiliki "misteri"nya sendiri. Pada permukaan, biskuit memiliki banyak lubang. Jumlahnyanya bervariasi, dengan pola yang berbeda-beda.Lantas, apa tujuan adanya lubang-lubang tersebut? Sekadar hiasan, atau adakah fungsi lain yang dimiliki?Dikutip dari Curiosity, lubang-lubang pada badan biskuit ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk membuat adonan sempurna membentuk biskuit yang ideal. Lubang-lubang ini dapat mempertahankan bentuk adonan ketika memasuki proses pemanggangan.

Cek: 7 Ilustrasi Menyentuh Tim Sepak Bola Thailand Terperangkap di GoaKetika air, tepung terigu, ragi, baking soda dan beberapa bahan lainnya diaduk jadi satu, adonan akan melepas karbon dioksida, dan air akan dalam adonan akan menguap. Bila biskuit nggak memiliki lubang-lubang pada bagian badan, "lepasan" ini akan membuat adonan mengembang dan merusak bentuk biskuit.Dengan jumlah lubang yang tepat, proses pelepasan akan berjalan dengan optimal, dan biskuit yang renyah pun dapat tercipta dengan baik.Beberapa sumber menambahkan bahwa lubang-lubang tersebut memiliki fungsi lain. Lubang-lubang ini mencegah jari untuk tergelincir saat memegang biskuit yang memiliki permukaan rata tersebut.

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Bukan Hiasan, Lubang Pada Biskuit Ternyata Memiliki Fungsi Penting"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest