Follow Us

Catet, Ini Dia Tempat untuk Nonton Gerhana Bulan Total Akhir Bulan Ini

- Minggu, 15 Juli 2018 | 15:15
Catet, Ini Dia Tempat untuk Nonton Gerhana Bulan Total Akhir Bulan Ini

HAI-ONLINE.COM - Di akhir bulan Juli nanti kita akan melihat fenomena alam, yakni gerhana bulan total. Di Indonesia, gerhana bulan ini akan terjadi pada tanggal 28 Juli, sedangkan di negara barat gerhana ini akan terjadi pada tanggal 27 Juli.Dini HariAwal gerhana bulan akan terjadi pada pukul 00:15 WIB. Beberapa menit setelah pergantian tanggal, dari 27 Juli ke 28 Juli. Menurut Marufin Sudibyo, seorang astronom amatir, pada pukul 01:24 WIB, gerhana mulai terlihat karena umbra (bayangan gelap) mulai menutupi bulan.Oh iya, puncak gerhana akan terjadi pukul 03:22 WIB. Di waktu ini, bulan benar-benar tertutupi oleh umbra selama sekitar 1 jam 43 menit.Gerhana bulan akan berakhir pukul 06:28 WIB. Namun, di Indonesia, gerhana akan berakhir lebih cepat, yakni pukul 05:19 WIB.

Cek: 5 Film Ini Bercerita Tentang Piala Dunia, Ayo Tonton Sebelum Final!Di Seluruh Indonesia

Gerhana bulan kali ini bisa disaksikan di seluruh Indonesia. Namun, nggak semua tahap gerhana bisa disaksikan.Wilayah yang ada di zona waktu Indonesia bagian timur (WIT), hanya bisa melihat awal dan puncak gerhana. Akhir gerhana nggak bisa disaksikan di wilayah ini.Bagaimana dengan wilayah yang ada di zona waktu Indonesia bagian Tengah (WITA)? Di wilayah ini, ada beberapa tempat yang nggak bisa menyaksikan akhir gerhana, misalnya sebagian kepulauan Nusa Tenggara, sebagian kecil Kalimantan, dan seluruh Sulawesi.Oh iya, wilayah Jawa dan sebagian pulau Sumatera juga nggak bisa menyaksikan akhir gerhana, karena bulan sudah terbenam lebih dulu.Jadi, kita bisa menyaksikan gerhana bulan di seluruh wilayah Indonesia. Namun sayangnya, gerhana nggak bisa disaksikan sampai akhir di banyak wilayah Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Catat, Ini Waktu dan Tempat Menyaksikan Gerhana Bulan 28 Juli 2018"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest