Follow Us

Wih! Mahasiswa ITB Kembangkan Mesin ATM yang Aman dari Skimming

Dewi Rachmanita - Kamis, 05 Juli 2018 | 14:00
Fingerfield ATM anti skimming dan pin capturing yang dikembangkan mahasiswa ITB
itb.ac.id

Fingerfield ATM anti skimming dan pin capturing yang dikembangkan mahasiswa ITB

HAI-Online.com - Nggak jarang kan bro banyak kasus skimming dan pin capturing ATM terjadi. Kejadian itu tentu bikin kita jadi waspada saat di ATM. Berangkat dari hal itu, mahasiswa ITB lagi kembangkan nih mesin ATM yang anti skimming dan pin capturing bernama Fingershield ATM.

Inovasi dari tiga mahasiswa ITB ini punya keunikan tersendiri. Dilansir dari situs resmi ITB, mesin ATM buatan mereka punya verifikasi tambahan berupa sidik jari dan tampilannya sudah touch screen.

Selain itu pengamanan berlapis berupa kartu chip atau smart card. Smart card itu sendiri diharapkan bisa menggantikan jenis kartu ATM magnetic stripe yang biasa dipakai di Indonesia.

BACA JUGA: Ini 5 Kartu Merah Paling Terkenal dan Melegenda di Piala Dunia

Mahasiswa di balik inovasi ini berlatar Tenik Elektro, yaitu Bayu Aji Sahar Nugroho, Christiawan Mulyono, dan Azel Rahardian Fayyad. Mereka sebelumnya nih udah riset dulu sob untuk cari tahu kelemahan di mesin ATM pada umumnya di Indonesia. Hasilnya, mereka menyimpulkan kalau banyak kekurangan dari sisi fraud-nya berupa skimming dan pin capturing.

Makanya, salah satu solusinya dengan Fingsershield ATM yang punya sidik jari dan smart card.

"Dengar Fingershield ATM yang memiliki autentikasi sidik ajri yang memiliki pola unik setiap orangnya dan smart card yang sulit untuk dicuri data di dalamnya, maka proses penyadapan kartu ATM dan pencurian informasi PIN saja tidak cukup untuk melakukan tindak pencurian rekenin nasabah," kata Christiawan.

Semoga aja inovasi yang merupakan Tugas Akhir (TA) mahasiswa ITB ini bisa dikembangkan lebih lanjut ya bro!

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest