Follow Us

Putra Anggota Koes Plus Rilis Single Perdana Bernuansa New Wave

Alvin Bahar - Rabu, 04 Juli 2018 | 10:49
Damon Koeswoyo
Damon Koeswoyo

Damon Koeswoyo

HAI-ONLINE.COM - Damon Koeswoyo, putra ketiga dari musisi legendaris almarhum Tonny Koesyowo, baru saja merilis single solo perdananya yang diberi judul “Sepi”. Lagu yang mengusung nuansa rock/new wave ini jadi langkah pertama bagi Damon untuk bersolo karier. “Sepi” yang dirilis oleh label rekaman Sinjitos Records sudah dapat didengar lewat layanan musik digital. Lagu tersebut digarap oleh Damon bersama pendiri dari Sinjitos Records, Joseph ‘Iyub’ Saryuf, yang ditunjuk sebagai music director. “Pada awalnya Iyub sempat bertanya, ‘Kita referensinya mau ke mana?’ Gue sempat bilang kalau gue suka Depeche Mode yang ternyata masih selera musiknya dia juga,” ungkap Damon. “Damon itu musisi yang sangat suka rock 80-an sampai 90-an. Itu jiwanya dia yang sampai kapan pun nggak boleh hilang,” ungkap Iyub. “Akhirnya gue muncul dengan konsep nostalgia, bukan berarti kita kembali ke musik almarhum ayahnya Tonny Koeswoyo bersama Koes Plus, tetapi bagaimana musik-musik lama bisa terhubung dengan jiwanya Damon dengan sentuhan yang lebih modern.”

Cek: Setelah di Italia, Toko Supreme Palsu Kini Muncul di SpanyolUntuk departemen lirik, Damon mengatakan bahwa single “Sepi” mengisahkan tentang pengalaman pribadi yang ia rasakan. “Ini seperti retrospektif pengalaman pribadi gue di tahun 2002,” terangnya. “Cukup subjektif karena seputaran tentang apa yang gue rasakan dan lihat pada saat itu.”Sebelum Damon terjun berkarier solo, ia lebih dulu dikenal sebagai personel di beberapa band yaitu Kidnap Katrina hingga Koes Plus 2nd Generation; band cover yang beranggotakan anak-anak personel Koes Plus.

Tampil memainkan lagu-lagu Koes Plus bersama Koes Plus 2nd Generation membuat Damon mendapat pembelajaran sekaligus kekaguman dari mendiangnya ayahnya sebagai musisi.“Banyak pembelajaran yang gue dapat setiap membawakan lagu-lagu Koes Plus; dari pembuatan lagu, melihat betapa kuatnya komunitas penggemar mereka, hingga memahami sikap bahwa musisi bukan soal gaya-gayaan saja,” ucap Damon. “Gue nggak bisa lepas dari pengalaman-pengalaman itu. Di sisi lain gue juga punya mimpi besar di mana salah satunya adalah karir solo ini. Jadi sekarang tinggal bagaimana membagi porsi keduanya.”

Single “Sepi” merupakan salah satu materi dari album pendek Damon yang dijadwalkan rilis pada akhir tahun ini. Sebagai jembatannya, “Sepi” direncanakan bakal dirilis dalam format video musik.“Gue nggak ingin orang-orang mudah menilai karya Damon,” kata Iyub menaruh harapannya terhadap “Sepi”. “Karena lagu ini ditujukan kepada semua generasi, mulai dari yang tua sampai yang muda.”Damon pun menambahkan, “Gue nggak terfokus kepada single ‘Sepi’ nantinya akan diterima oleh publik seperti apa. Karena gue sangat senang dapat merilis lagu ini dengan kinerja tim yang bisa menggarap konsep dengan sangat hebat.”

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest