Follow Us

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Kita Kalo Nggak Minum Air Sama Sekali?

- Minggu, 08 Juli 2018 | 11:15
Apa yang Terjadi Pada Tubuh Kita Kalo Nggak Minum Air Sama Sekali?

HAI-ONLINE.COM - Mungkin ada di antara kita yang pernah merenung dan bertanya, kira-kira apa yang akan terjadi kalo berhenti minum, nggak minum air putih, jus, teh, atau minuman ringan lainnya. Para ahli memastikan, hal buruk yang akan terjadi. Bagaimana nggak, 60 persen tubuh kita merupakan air dan harus terus diisi ulang.Pada dasarnya air berfungsi untuk mengangkut semua nutrisi dan hormon penting ke seluruh tubuh. Air juga berfungsi sebagai bantalan sendi, mengatur suhu di dalam tubuh, dan melumasi bola mata kita. Dilansir dari Science Alert, Sabtu (30/6/2018), sekitar 1,5 liter air hilang karena proses buang air kecil dan berkeringat setiap harinya.

Cek: Kenapa Kita Nggak Bisa Mengingat Mimpi Setelah Bangun Tidur?Pusat haus di otak yang terletak di hipotalamus akan berkomunikasi dengan pembuluh darah untuk mengetahui seberapa terhidrasinya kita. Saat tingkat hidrasi turun di bawah ideal, maka otak akan segera memberi tahu tubuh untuk segera meminum sesuatu.

Lalu, apa yang terjadi kalo kita enggan melakukannya? Dalam penjelasan video AsapSCIENCE di bawah ini, ukuran otak akan menyusut dan membuat kita merasa pusing, bahkan bisa lebih sakit.

Penelitian juga menuntukkan, otak yang haus akan kurang efisien dan butuh lebih banyak oksigen untuk melakukan tugas. Dampaknya, kita akan mual, linglung, dan pusing. nggak ada satu pun yang mengatakan kurang minum baik untuk tubuh.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini yang Terjadi pada Tubuh dan Otak Bila Kita Berhenti Minum".

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest