Follow Us

Ada Alasan Kenapa 5 Negara Ini Nggak Ada Malam Hari Saat Musim Panas

Dio Firdaus - Selasa, 26 Juni 2018 | 21:00
midnight sun
Eleni dan Chris

midnight sun

HAI-ONLINE.COM- Ternyata di beberapa negara, ada yang nggak bisa merasakan malam loh. Fenomena seperti itu disebut sebagai Matahari Malam atau lebih sering disebut dengan Midnight Sun. Saat fenomena alam ini berlangsung, langit malam hari yang harusnya gelap, tapi akan tetap terang benderang layaknya siang hari.

Biasanya sih, negara-negara yang mengalami Midnight Sun ini berada di belahan Bumi bagian utara sob. Mau tau negara mana aja yang mengalami fenomena ini? Langsung aja nih cek

Greendland

Greenland adalah negara pertama yang mengalami fenomena ini. Durasinya juga lebih lama daripada negara-negara lain. Di sana, siang bisa berlangsung selama 20 jam pada April sampai akhir Agustus.

Rusia

Tuan rumah Piala Dunia 2018 ini juga mengalami fenomena Matahari Malam. Berbeda dengan negara lain, di Rusia, lebih tepatnya di kota St. Petersburg akan ada festival seni budaya untuk merayakan fenomena ini. Siang yang panjang ini akan berlangsung mulai dari awal Mei sampai pertengahan Juli.

Kanada

Kalau di Kanada, nggak semua daerah ini mengalami fenomena Midnight Sun. Hanya beberapa daerah saja, salah satunya adalah kota Yukon yang berada di bagian utara Kanada. Setiap tahunnya, penduduk di Yuko akan mengalami siang yang sangat panjang, mulai akhir Juni sampai Agustus.

BACA JUGA: 10 Foto Bukan Editan Photoshop, Melainkan Hasil Fenomena Alam! Bikin Takjub, Kan?!

Finlandia

Pernah dengar kota Ivalo? Itu adalah salah satu kota yang terkenal di Finlandia. Setiap musim dingin, para wisatawan dari berbagai negara berkunjung ke kota ini untuk menyaksikan indahnya aurora Borealis. Tapi, di musim panas, kota ini mengalami siang yang sangat panjang. Bahkan matahari terasa seperti nggak tenggelam loh sob.

Norwegia

Nggak perlu ditanya lagi, hampir semua kota di bagian utara Norwegia semua kotanya mengalami fenomena Midnight Sun. Dari Mei sampai Juni, kota-kota di sana hampir nggak pernah merasakan malam sob. Pernah kebayang nggak pukul 12 malam, langit masih terang seperti pukul 12 siang? hahaha

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul 5 Negara Ini Tidak Bisa Merasakan Malam Saat Musim Panas, Kenapa, ya?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest