Follow Us

Piala Dunia 2018, Piala Dunia dengan Jumlah Penalti Paling Banyak

Fadli Adzani - Sabtu, 30 Juni 2018 | 11:00
Kiper Utama Islandia yang Gagalkan Penalti Messi
HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA

Kiper Utama Islandia yang Gagalkan Penalti Messi

HAI-ONLINE.COM - Penerapan video assistant referee (VAR) untuk kali pertama oleh FIFA di Piala Dunia 2018 telah melahirkan begitu banyak penalti di ajang terakbar tersebut.

Piala Dunia 2018 baru menyelesaikan matchday 3 di Grup B atau total 36 pertandingan.

Namun, jumlah penalti yang telah diberikan oleh para wasit sudah memecahkan rekor sepakan 12 pas yang pernah ada dalam satu turnamen Piala Dunia sebelumnya dengan total 20 penalti.

CEK JUGA: Netizen Habiskan Minimal Sejam dalam Sehari untuk Main Instagram

Dua penalti terakhir terjadi di laga matchday 3 Grup B antara timnas Iran menghadapi Portugal yang digelar di Stadion Mordovia Arena, Saransk, Senin (25/6/2018) atau Selasa dini hari WIB.

Pada laga tersebut, masing-masing tim mendapatkan satu penalti yang semuanya ditentukan oleh wasit Enrique Caceres setelah melihat kejadian melalui video assistant referee (VAR).

Jumlah tersebut sudah menembus rekor penalti terbanyak dalam satu gelaran putaran final Piala Dunia sebelumnya, yaitu pada edisi 1990, 1998, dan 2002.

Pada tiga ajang Piala Dunia tersebut masing-masing menghadirkan 18 penalti atau yang tertinggi sebelum Piala Dunia 2018 dihelat.

Selain penalti milik Iran dan Portugal itu, ada banyak eksekusi penalti lainnya yang juga ditentukan oleh wasit yang bertugas setelah melihat tayangan video assistant referee (VAR).

Dari 20 penalti tersebut, total ada 9 yang diberikan wasit setelah melihat tayangan VAR.

Sementara itu dari 20 penalti tersebut, 15 di antaraya berhasil berbuah gol.

Negara-negara yang berhasil mengonversi penalti menjadi gol adalah Portugal, Prancis, Australia (2 kali), Kroasia, Swedia, Tunisia, Jepang, Mesir, Belgia, Inggris (2), Meksiko, Arab Saudi, dan Iran.

Source : bolasport

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest