Follow Us

Kemendikbud Siapkan Beasiswa Kuliah Perfilman di IKJ. Deadline 7 Juli 2018

Rizki Ramadan - Rabu, 20 Juni 2018 | 17:49
Ilustrasi. Beasiswa IKJ Bidang Perfilman
(Dok. IKJ)

Ilustrasi. Beasiswa IKJ Bidang Perfilman

HAI-online.com - Kabar baik nik untuk kamu yang mau kuliah di bidang film. Kemendikbud ngajak Institut Kesenian Jakarta (IKJ) untuk ngasih Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman.

Beasiswa ini cuma tersedia 30 kuota, terbuka untuk lulusan SMA/SMK sederajat tahun 2016, 2017, 2018. Yap, kamu yang udah lulus dari tahun-tahun lalu bisa coba beasiswa untuk masuk Fakultas Film dan Televisi IKJ (FFTV-IKJ)

Dengan program ini, diharapkan perfilman Indonesia punya tambahan sumber daya yang kompeten.

Beberapa dokumen yang dibutuhkan: 1. Ijazah atau surat keterangan lulus dari sekolah 2. Sertifikat penghargaan di bidang film minimal tingkat kabupaten/kota 3. Fotocopy Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga 4. Transkrip nilai terakhir dan serfitikat hasil ujian nasional (SHUN) 5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) 6. Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Umum Daerah

Beberapa persyaratan dokumen akan diminta langsung diunggah melalui laman pendaftaran dan wajib dibawa pada saat pelaksanaan ujian. Seluruh proses pendaftaran dan seleksi administrasi tidak dipungut biaya, namun biaya akomodasi dan transformasi saat ujian tertulis dan wawancara menjadi tanggungjawab masing-masing calon peserta.

Tahapan proses seleksi:

  • 1 Mei - 7 Juli 2018 seleksi administrasi
  • 21 Juli 2018 pengumuman peserta yang lulus seleksi \
  • 28 Juli 2018 seleksi tertulis dan wawancara
  • 6 Agustus 2018 pengumuman penerima beasiswa
BACA JUGA: Daftar PTN Yang Masih Buka Pendafataran Ujian Mandiri Setelah Pengumuman SBMPTN

Di Fakultas Film dan Televisi IKJ, mahasiswa akan mempelajari keterampilan praktika, profesionalitas dan wawasan intelektual yang berkaitan dengan produksi film, program televisi dan karya fotografi serta pengembangannya.

Pembelajaran meliputi konsep perancangan dan produksi sesuai dengan tujuan, sasaran, fungsi dan ekspresi visual serta dapat diterapkan dengan kebutuhan masyarakat.

Selain itu, mahasiswa Fakultas Film dan Televisi IKJ juga diberikan pembelajaran prinsip-prinsip teknis dan teori produksi film, program televisi, animasi dan karya fotografi yang disesuaikan dengan perkembangan teori, teknologi dan industri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beasiswa Perfilman di IKJ, Ini Jadwal dan Syaratnya",

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest