Follow Us

Mengupas Tuntas Cara Kerja VAR, Teknologi Yang Membantu Wasit di Piala Dunia 2018

Bayu Galih Permana - Rabu, 20 Juni 2018 | 14:00
Ruangan khusus VAR
tribunnews.com

Ruangan khusus VAR

HAI-ONLINE.COM- Seperti yang kalian lihat sebelumnya, dalam beberapa pertandingan yang berlangsung di Piala Dunia 2018, wasit dibantu dengan teknologi dengan teknologi Video Assistant Referee atau yang sering disingkat VAR.

VAR sendiri akan membantu kinerja wasit dalam membuat keputusan pada saat-saat kontroversial dengan cara melihat tayangan ulang video kejadian tersebut melalui sebuah ruangan khusus yang berada di International Broadcast Center kota Moscow.

Tim VAR sendiri beranggotakan seorang video assistant referee yang dibantu oleh tiga orang asisten dalam ruangan tersebut serta empat orang yang bertugas untuk me-replay momen kontroversial yang terjadi dalam lapangan dari berbagai angle kamera dan juga dibantu dua offside camera tambahan.

Video yang terekam tersebut lalu langsung dikirim ke stadion tempat berlangsungnya pertandingan dan muncul di sebuah layar yang akan memunculkan replay video dari momen kontroversial yang terjadi dari berbagai macam arah.

Ikut Menentukan Keputusan

Tim VAR ikut membantu wasit dalam menentukan keputusan dalam 4 situasi, yaitu:

  1. Pengesahan gol
  2. Keputusan memberikan penalti
  3. Pemberian kartu merah secara langsung
  4. Keputusan-keputusan wasit yang keliru.
CEK JUGA: Megah, Ini 5 Stadion Terbesar yang Ada di Piala Dunia 2018 Rusia

Namun, VAR hanya membantu wasit apabila mereka menemukan kesalahan yang benar-benar jelas, atau saat wasit salah memberikan keputusan.

Tanda dari wasit ketika mendapat bantuan dari VAR
mykhel.com

Tanda dari wasit ketika mendapat bantuan dari VAR

Wasit pun memiliki hak untuk memberhentikan sementara jalannya sebuah pertandingan ketika sedang berkomunikasi dengan tim VAR dan akan memberikan tanda apabila dirinya dan VAR akan melakukan review ulang sebuah kejadian yang merugikan salah satu tim yang sedang bertanding.

Biasanya mereka akan langsung menuju ke tempat khusus di pinggir lapangan dan menonton video yang dikirim VAR untuk menentukan sebuah keputusan.

Halaman Selanjutnya

Terpantau FIFA
1 2

Source : YouTube, fifa.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest