Follow Us

Hati-hati Sob, Terlalu Excited Saat Menonton Piala Dunia Bisa Memicu Gangguan Kesehatan

Dewi Rachmanita - Senin, 11 Juni 2018 | 17:53
Ilustrasi nobar Piala Dunia.
Middleeasteye

Ilustrasi nobar Piala Dunia.

HAI-Online.com - Piala Dunia 2018 di depan mata nih bro. Pasti lo sudah siap kan mau nonton bareng teman-teman dukung tim idola. Eits, tapi jangan sampai keasyikkan ya sampai-sampai lupa sama kesehatan. Perubahan pola hidup selama penyelenggaraan piala dunia itu ternyata bisa ganggu kesehatan kita loh.

Sejumlah penelitian bilang nih gangguan kesehatan mungkin banget terjadi, contohnya serangan jantung, stroke, kecelakaan, bunuh diri, sampai penyiksaan.

Salah satunya penelitian dari The American Journal of Medicine pada 2010 yang bilang kalau turnamen olahraga besar nggak cuma sekadar permainan, tapi bisa juga menimbulkan penyakit kardiovaskular dan meningkatkan angka kematian. Lebih lanjut, mereka yang beresiko ialah mereka yang mengalami penyakit arteri koroner dan mudah stres.

Nah biasanya kan suka deg-degan kan tuh saat pemain yang dijagokan mau gol ke gawang lawan. Bahkan ada yang suka teriak nyaris kena serangan jantung. Hal itu nggak bisa dianggap sekadar gurauan bro. Kondisi stres, cemas, dan marah yang biasa dirasakan penggemar sepak bola rupanya bisa memicu serangan jantung.

Tapi, resiko itu bisa ditekan kok dengan berbagai cara. Contohnya mengonsumsi aspirin, meditasi, dan menghindari kebiasaan buruk, misal merokok, menghindari makanan berlemak, dan alkohol.

Selain memicu serangan jantung, ternyata studi di Selandia Baru juga bilang kalau kekalahan atau kemenangan yang diterima tim favorit bisa berdampak kesehatan yang berbeda. Selain itu ada juga gangguan eksehatan mata nih. Salah satu faktor penyebabnya lantaran tekanan emosional saat mengikuti Piala dunia.

Nggak main-main, bahkan sense of belonging dengan tim favorit dan bikin kita berekspetasi tinggi bisa menimbulkan suatu hal lebih besar loh dari sekadar air mata dan kekecewaan yang mendalam kalau kalah. Sejumlah studi menemukan nih kasus bunuh diri meningkat setelah kekalahan pada momentum piala dunia.

Dukung dan nonton tim idola berlaga di Piala Dunia 2018 tentu boleh banget. Tapi, urusan kesehatan jangan diabaikan ya sob!

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul Waspadai Gangguan Kesehatan Jelang Piala Dunia

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest