Follow Us

Jangan Sotoy! Orang Sok Tahu Justru Lebih Banyak Nggak Tahu

Agung Mustika - Senin, 04 Juni 2018 | 15:30
Terungkap! Orang Sotoy biasanya nggak tahu apa-apa.

Terungkap! Orang Sotoy biasanya nggak tahu apa-apa.

HAI-Online.com - Entah di mana pun kita berada, kayaknya bakalan ada aja orang yang sok tahu dan ngerasa paling bener. Orang-orang macem ini sering dapet predikat sotoy.

Hehehe, buat lo yang belom tahu, kata 'sotoy' sering jadi sebutan nanggepin hal-hal yang kelihatan bener, padahal mah nggak jelas.

Tapi ada banyak orang juga menduga kalo orang yang sotoy, sebenarnya nggak tahu apa-apa. Nah, buat lo yang punya pemikiran kayak gini, bener banget, sob!

Dilansir dari Kompas.com, studi yang dibikin sama Michael Hall dan Kaitlin Raimi dari University of Michigan ngungkapin gimana individu dengan “superioritas kepercayaan” tingkat tinggi benar-benar memahami isu yang diomongin.

Mereka memilih 2.573 orang Amerika Serikat sebagai partisipan lewat survei online tentang lima topik kontroversial: ketidaksetaraan pendapatan, ukuran pemerintahan federal, terorisme, ekonomi dan pekerjaan, dan pengendalian kepemilikan senjata api.

Para partisipan kemudian dibagi jadi enam kelompok studi dan diminta untuk ngejelasin seberapa benar dan faktual opini mereka, sebelum diuji pake pertanyaan dengan pilihan ganda.

Ternyata, mereka yang punya kepercayaan tinggi nggak punya cukup bukti buat mendukung klaim mereka. Sebaliknya, partisipan yang paling yang kelihatan biasa aja malahan lebih tahu isu-isu tersebut.

Studi ini bukan satu-satunya yang menemukan demikian. Ia hanya satu dari sekian banyak studi yang menguatkan teori efek Dunning-Kruger.

Pertama kali diperkenalkan pada 1999, teori ini ngungkapin kalo individu dengan kemampuan kognitif rendah percaya kalo mereka punya kompetensi dan pengetahuan lebih daripada yang lain buat memahami sesuatu.

Sebaliknya, orang dengan kemampuan kognitif tinggi lebih sering ngeremehin kemampuan mereka karena mampu menyadari keterbatasan otak mereka sendiri.

Makanya, banyakin baca buku dan cek-ricek informasi yang lo tahu, sob! Biar nggak malu-maluin dan kelihatan sotoy. Mending kalo bener, kalo salah mah malu.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Studi Buktikan, Orang Sok Tahu Justru Lebih Tidak Tahu daripada Anda"

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular