Follow Us

WhatsApp Ada Fitur "Request Account Info", Gunanya Untuk Apa, Ya?

HAI Internship - Kamis, 31 Mei 2018 | 18:00
WhatsApp

WhatsApp

HAI-ONLINE.COM - WhatsApp kembali lagi melakukan update 2.18.61 buat para penggunanya yang memiliki perangkat iPhone. Fitur baru yang diberikan adalah ‘Request Account Info’. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengunduh beragam informasi seputar akun milik mereka. Dikutip dari laman WhatsApp, fitur ini dapat membantu pengguna mendapatkan data berupa informasi akun, pengaturan dan foto profil, serta nama grup yang diikuti. Kabar buruknya, bagi lo yang hobi bacain chat history, fitur ‘Request Account Info’ belum bisa mengunduh data pesan yang pengguna kirim atau terima di WhatsApp.

CEK JUGA: 5 Foto yang Membuktikan Jepang Unik dan Beda dari Negara Lain

WhatsApp juga menjelaskan bahwa laporannya hanya akan tersedia dalam 3 hari saja sejak permintaan dilakukan. Pengguna bisa ngeliat informasi waktu yang diberikan pada laman yang sama.

Ketika laporan tersebut udah tersedia, pengguna WhatsApp bakal dapet notifikasi dan dokumen yang bisa diunduh. Dokumen yang tersedia bakal berupa file arsip dalam bentuk ZIP dengan rincian dokumen HTML dan JSON.

Fitur ini kayaknya hadir berkaitan dengan peraturan privasi data pengguna baru di daratan Eropa yang biasa disebut GDPR atau General Data Protection Regulation.

Salah satu bagian dari peraturan tersebut adalah pengguna layanan aplikasi atau sosial media yang punya fitur menyimpan informasi pengguna, harus menyediakan fitur untuk mengunduh data tersebut secara mudah dan lengkap.

Sebagai tambahan catatan, update Whatsapp terbaru ini kabarnya juga bakal memperbaiki masalah notification preview yang sebelumnya sempet bermasalah karena pengguna nggak bisa melihat detail notifikasi WhatsApp berupa nama pengirim pesan serta isi pesannya dalam mode lockscreen – padahal pengaturan notification preview tidak mengalami perubahan.

(Nayla Erzani)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest