Follow Us

Ini Dia Aplikasi Google Untuk Mencari Arah Kiblat. Cocok Nih Untuk Musafir Saat Mudik

Dewi Rachmanita - Kamis, 31 Mei 2018 | 19:30
Ini Dia Aplikasi Google Untuk Mencari Arah Kiblat. Cocok Nih Untuk Musafir Saat Mudik

HAI-Online.com - Nggak kerasa sudah memasuki pertengahan bulan Ramadhan. Pasti di antara kamu ada yang sudah mulai merencanakan mudik kan? Nah, biasanya kalau mudik bakal sulit menentukan arah kiblat untuk beribadah. Tapi, tenang, sekarang Google punya solusi buat kamu yang lagi dalam perjalanan dan ingin mengetahui arah kiblat.

Bernama Qibla Finder, aplikasi buatan Google ini bisa menemukan arah kiblat langsung dari browser kamu bro. Di mana pun kamu berada! Bahkan nggak cuma di Indonesia aja loh. Jadi, Qibla ini memang sudah punya arah pasti ke Ka'bah sebagai titik acuan kiblat.

Cara aplikasi ini bekerja untuk menentukannya itu, mereka menggunakan lokasi koordinat Ka'bah dan lokasi kamu berada dengan GPS atau secara manual untuk menentukan nih rute paling langsung antara dua titik di dunia itu alias jarak lingkaran besar.

Qibla menghitung dengan rumus haversine. Kalau dilihat pada peda datar nih, garisnya tuh kadang bisa terliihat bengkok lantara memang kelengkungan bumi.

Qibla Finder ini berfungsi bersama kompas di perangkat kamu. Biar lebih akurat, ada baiknya kamu mengalibrasikan kompas sebelum menggunakannya.

Aplikasi ini tentu sangat berguna ya bro. Nggak cuma saat mudik aja, tapi di tempat-tempat tertentu yang kamu bingung ke mana arah kiblatnya. Selain itu, arah kiblat pun makin akurat dibanding cuma nerka-nerka aja.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest