Follow Us

Wah, Ini 4 Hal Seru yang Bisa Kamu Temui Kalau Menuntut Ilmu di SMK

HAI Internship - Sabtu, 02 Juni 2018 | 12:00
Ilustrasi kegiatan di SMK
Kompas.com

Ilustrasi kegiatan di SMK

HAI-ONLINE.COM - Selain SMA, ada juga SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan. SMK adalah sekolah menengah yang memfokuskan keterampilan di dalamnya. SMK di khususkan untuk melatih keterampilan siswa agar bisa langsung bekerja setelah lulus nanti.

Peminat SMK memang nggak sebanyak SMA, anak-anak SMK pun jarang yang merasakan memakai seragam Putih Abu-Abu kayak anak SMA. Tapi banyak hal seru yang bisa kamu lakuin ketika menuntut ilmu di SMK lho!

1. Nggak ngerasain seragam putih abu-abu? Nggak masalah! Anak SMA identik banget sama seragamnya yang Putih Abu-Abu, sedangkan anak SMK biasanya nggak memakai seragam putih abu-abu.

Tapi banyak anak SMK memakai seragam seperti seragam pekerjaan di kejuruan yang mereka pilih. Contohnya, siswa SMK yang memilih jurusan Perhotelan,mereka mempunyai beberapa seragam seperti pakaian lengkap chef atau seragam blazer dengan dalaman kemeja rapih.

Berbeda dengan anak SMA yang memakai sepatu sekolah hitam,kalau anak SMK di wajibkan memakai sepatu pantofel hitam dan khususnya anak perempuan hak sepatu pantofelnya wajib minimal 5cm.

Rambut anak cewek SMK juga bisanya harus di cepol rapih. Tujuannya biar siswa terbiasa dengan pakaian-pakaian saat bekerja nanti,termasuk terbiasa memakai sepatu pantofel dengan hak tinggi. Malah lebih keren kan seragamnya di banding Putih Abu Abu?

2. Lebih Fokus praktek Pelajaran Produktif Apa sih itu pelajaran produktif? Pelajaran produktif adalah pelajaran kejuruan yang mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bidang kejuruan yang di ambil.

Contohnya, dalam jurusan Usaha Perjalanan Wisata (Tour and Travel) terdapat pelajaran produktif yang berkaitan dengan jurusan tersebut. Ticketing & Reservasi mempelajari cara meng-issued tiket pesawat/hotel dan nggak ketinggalan anak jurusan pariwisata wajib banget hafal seluruh kode dan nama negara/pesawat/bandara di seluruh dunia!

Lalu ada Guiding yang mempelajari cara dan etika menjadi Tour Guide yang profesional. Di SMK belajarnya pun lebih banyak praktik di banding teori, jadi para siswa pun makin lihai mempraktekan bidang yang mereka tekuni.

Seperti di jurusan perhotelan,akan ada banyak praktek memasak langsung di kitchen untuk pelajaran Food & Beverage. asik kan?

3. Mata pelajaran SMA yang ngak ada di SMK Kalo Anak SMA jurusan IPA ada pelajaran seperti fisika, kimia, dan biologi lalu jurusan IPS pelajarannya seperti Sosiologi,geografi,ekonomi.

Tapi di SMK nggak ada semua pelajaran itu horee! Di SMK tetep ada pelajaran umum kok kayak Sejarah,PPKN,Bahasa Inggris,Bahasa Indonesia,matematika.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular