Follow Us

Unik, Kentang Ternyata Bisa Ditanam di Mars yang Kering dan Tandus

- Minggu, 03 Juni 2018 | 15:15
Kentang
medicalnewstoday.com

Kentang

HAI-ONLINE.COM - Bumi bisa jadi tempat tinggal makhluk hidup karena Bumi kaya akan oksigen dan air. Sedangkan planet lain belum tentu bisa jadi tempat tinggal karena nggak ada kandungan seperti yang ada di Bumi.Dengan kata lain, planet-planet itu nggak layak huni. Namun, menurut International Potato Center (CIP), kentang bisa tumbuh di Mars, lho!Apa yang membuat kentang bisa tumbuh di Mars, ya?

Cek: 5 Aplikasi Olahraga Wajib Download di Smartphone Buat yang Mau Bugar

Lingkungan yang Ekstrim

Pasti kamu sudah pernah melihat gambar atau foto Planet Mars, kan? Tanahnya terlihat berwarna merah, kering, dan tandus.Diperkirakan nggak ada tanaman yang bisa tumbuh di lingkungan seperti itu.Namun, ternyata ada, lho, tanaman yang bisa tumbuh di Mars, yaitu kentang. Hal ini sudah diteliti dalam studi yang dilakukan oleh International Potato Center (CIP).

Mengapa Kentang?

Menurut salah satu petani di CIP, Walter Almoros, kentang mampu beradaptasi dan bertahan hidup di lingkungan yang ekstrem. Namun begitu, sepertinya nggak semua jenis kentang bisa tumbuh di lingkungan seperti ini.Harus diteliti lagi kentang jenis apa saja yang bisa tumbuh dalam kondisi yang sulit.Bagaimana Hasil Penelitian CIP dan NASA?CIP bersama NASA melakukan suatu eksperimen untuk membuktikan hal ini. Mereka membuat suatu lingkungan yang mirip dengan kondisi di Mars.

Mereka menggunakan CubeSat, yaitu sebuah kotak khusus untuk membuat lingkungan mirip Mars.

Jadi, suhu siang dan malam hari, tekanan udara, dan tingkat oksigen juga karbon dioksida dibuat mirip dengan Mars. Selain itu, dimasukkan juga tanah dari Gurun Atacama yang mirip dengan tanah di Mars.Hasilnya, kentang memang bisa bertahan hidup dalam kondisi lingkungan seperti di Mars. Kentang tumbuh di dalam tanah dan tunas, daun juga batangnya muncul ke permukaan.Sudah ditemukan juga kentang jenis apa yang bisa bertahan di lingkungan ekstrim, yaitu yang tahan terhadap garam.Tanah KhususWalaupun penelitian ini menunjukkan keberhasilan, menanam kentang di Mars tetap nggak bisa semudah di Bumi.Tanah di Mars harus dipersiapkan secara khusus. Struktur tanah yang dibutuhkan adalah yang longgar dan mempunyai banyak nutrisi.Dengan begitu, kentang bisa mendapatkan cukup air dan udara.Hmmm, seperti apa, ya, rasa kentang yang tumbuh di Mars?

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Walaupun Kering dan Tandus, Mars Bisa Ditanami Kentang, lo!"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest