Follow Us

Kuliah Itu Bukan Cuma S1, Jenjang D3 atau D4 Juga Asik, Kok. Bahkan Lulusannya Lebih Siap Kerja

Rizki Ramadan, Fadli Adzani - Kamis, 31 Mei 2018 | 16:40
Komik Dilema D3
Dias/HAI

Komik Dilema D3

HAI-online.com – Kalau lagi ngomongin rencana kuliah, kayaknya strata yang kita bahas cuma S1 saja. Strata lain, kayak D3 atau D4 jarang banget dibahas apalagi jadi pilihan. Kalau pun diungkit sejumlah stigma negatif dan keraguan pasti ditempelin.

“Biar sekalian, mending langsung kuliah S1 aja nggak sih?” Kata Duto, yang baru lulus dari SMAN 5 Semarang.

Ya gitu, deh, kuliah jenjang S1 dianggap sebagai satu-satunya jenjang yang paling aman untuk meniti karier kemudian.

“Iya, kalau D3 kan nanti gajinya lebih kecil dari yang S1. Bener nggak sih? Hehe,” celetuk Vianny yang bakal lanjut S1 di Universitas Parahiyangan.

Weits, baru mau masuk kuliah kok yang dipikirin gaji, sih, bukan ilmu apa yang bakal didapet nanti? Hehe.

HAI nggak pengen nih anak-anak muda pada memandang jurusan vokasi jenjang D3/D4 dengan sebelah mata. HAI udah ngajak sejumlah narasumber untuk cerita biar pandangan kalian terbuka.

Fokus Ke Praktek Tanpa Melupakan Teori

Narasumber yang pertama adalah Mulia Putra Wirangga, salah satu lulusan D3 jurusan penyiaran yang menuntut ilmunya di Bina Sarana Informatika Duren Sawit, Jakarta Timur. Doi juga punya beberapa tips dan saran untuk para pelajar yang masih galau mau lanjut masa perkuliahan ke D3 atau nggak.

“Sebenarnya gini, D3 itu sebatas teknis, sebatas praktek, lebih banyak praktek dibandindangkan dengan teori. Kalau S1, kan, kebanyakan memperdalam tentang teori dan materi,” ujarnya, ketika HAI ajak ngobrol di sebuah restoran cepat saji. “D3 juga dapet teori, tenang aja, tapi hanya sebatas perkenalannya, nggak mendalam banget.”.

Ooh, jadi D3 juga dapat mata kuliah tentang teorinya juga, nggak cuma praktek, praktek dan praktek saja, kok!

Selama kuliah, Mulia ngambil peminatan perfilman. Di sana, dia belajar tentang cara membuat film, bikin film pendek, nulis naskah video hingga bikin video investigasi.

Sama seperti Gagah, kini ada Kalika, yang mengenyam di PTN Politeknik Negeri Jakarta atau yang dikenal dengan sebutan PNJ jurusan jurnalistik. Sama seperti Gagah, Kalika merasa kalau D3 itu lebih banyak praktek dibandingkan teorinya.

Editor : Rizki Ramadan

Latest