Follow Us

Wah, Drone Diusulkan untuk Pakai Plat Nomor. Alasannya Apa, Tuh?

- Senin, 28 Mei 2018 | 17:00
Ilustrasi Drone
DFSB DE

Ilustrasi Drone

Buat lo yang sering shooting gedung-gedung dan pemandangan pake drone, atau yang hanya sekedar punya buat gaya-gayaan saja, ada berita baru nih. Semua perangkat drone direncanakan untuk dipasang pelat nomor.

Badan pengawas penerbangan AS, Federal Aviation Administration (FAA), berencana melaksanakan kebijakan baru untuk mengendalikan masifnya produksi pesawat tanpa awak (drone). Regulasi tersebut berupa pemasangan lisensi pelat nomor untuk setiap perangkat drone.

Tujuan pemasangan pelat nomor untuk drone adalah untuk dapat mudah mengidentifikasi perangkat drone yang ada di udara.

“Kami harus menjamin jika setiap drone, setiap pesawat tanpa awak yang beroperasi di ruang udara terkendali, mudah dilacak dan diidentifikasi,” jelas Acting Administrator FAA, Dan Elwell.

Kebijakan tersebut batu diajukan bulan lalu. Sebelumnya, FAA telah mensyaratkan setiap drone untuk didaftarkan dan memiliki nomor identitas yang ditetapkan pemerintah. Namun, nomor tersebut dapat disembunyikan, misalnya di dalam kompartemen baterai.

Setelah merevisi kebijakan baru ini, supaya dapat terlihat, nomor identitas drone harus berada di luar. FAA sendiri telah lama ingin mendapat kontrol lebih besar untuk mengatur drone. Apalagi setelah kejadian kecelakaan di South Carolina tahun lalu dimana sebuah helikopter jatuh karena ingin menghindar dari drone di depannya. Penerbangan drone sembarangan juga mengkhawatirkan pemanfaatan drone untuk aksi terorisme

PBB pun mendukung diberlakukannya pendaftaran drone secara terpadu di seluruh dunia. Beberapa bulan lalu, pemerintah AS mengeluarkan kebijakan yang memungkinkan pelacakan hingga penembakan drone sipil agar sah dilakukan oleh penegak hukum.

Jadi gimana nih, guys? Masih mau beli drone atau cukup pake tongsis aja?

(Sebastian Sormin)

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

Latest