Follow Us

Fansite: Paparazzi-nya Idol K-Pop

HAI Internship - Jumat, 25 Mei 2018 | 15:02
Fansite: Paparazzi-nya Idol K-Pop

HAI-ONLINE.COM - Bagi para penggemar K-Pop, pasti udah nggak asing banget nih sama istilah fansite. Nah, fansite ini adalah sebutan untuk komunitas fans idol K-Pop yang perlu dipertegas, niat banget. Nggak kayak komunitas fans pada umumnya, fansite ini biasanya lebih terorganisir dan menghasilkan keuntungan. Fansite juga menjadi alesan kenapa kalau lagi ada konser-konser K-Pop, body check yang diterapin lebih ketat daripada di konser-konser lainnya. Jadi sebenernya, fansite itu apa sih? Dalam industri K-Pop, fansite dapat dikenal sebagai wujud lain dari paparazzi dan jurnalis. Namun biasanya, fansite hanya memfokuskan target kontennya kepada satu orang K-Pop idol atau satu buah K-Pop group saja. Fansite pada umumnya juga tidak bekerja sendiri. Mereka tergabung dalam sebuah komunitas yang memiliki tugas masing-masing guna memperoleh hasil foto serta informasi yang optimal untuk nantinya diinformasikan kepada fans-fans lainnya yang tidak tergabung dalam berjalannya proses dibalik layar dari website mereka. Fansite juga sering kali dianggap sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap seorang idol dari para penggemarnya.

Cek: Pendapat Anak SMA Soal Fenomena Sweet Seventeen Super Mewah Satu orang K-Pop idol, baik seorang soloist atau yang tergabung dalam sebuah group, setidaknya memiliki satu buah fansite. Malahan, bagi mereka yang sangat terkenal, seorang idol bisa memiliki lebih dari 5 fansite yang selalu mengikuti mereka ketika tengah beraktivitas. Para fansite tersebut biasanya mengikuti kemana pun idol-idol ini pergi, mulai dari ikut kegiatan shooting, tour, jumpa fans, bahkan ketika mereka bepergian ke luar negeri. Niat banget kan?

Nah, hal tersebut mungkin dilakukan oleh para anggota fansite karena nggak jarang dari mereka yang memperoleh sponsor dari sejajaran perusahaan di bidang hiburan atau emang berasal dari keluarga berada. Selain itu, mereka juga dapet keuntungan dari hasil penjualan merchandise serta photo-book yang menggunakan hasil foto asli milik mereka. Foto yang dihasilkan pun bukan foto-foto amatiran yang berkualitas rendah, melainkan foto-foto yang diambil dengan kamera profesional dengan angle yang juga nggak sembarangan. Oleh karena itu, merchandise serta photo-book tersebut dijual dengan harga yang cukup mahal, yakni kisaran Rp100.000,00 – Rp1.000.000,00. Tapi jangan salah, hasil keuntungan senilai jutaan yang mereka miliki itu juga sering kali digunakan untuk melakukan hal-hal positif loh. Contohnya kayak melakukan donasi atas nama idol, atau memberikan barang-barang mewah terhadap para idol. Semuanya dilakukan secara anonymous karena identitas para penggerak fansite ini pada umumnya dirahasiakan. Terus, apa sih hubungan keberadaan fansite sama body check konser K-Pop yang lebih ketat dibandingin konser-konser lainnya? Aktivitas fansite ini sebenernya illegal, guys. Semua keuntungan yang diperoleh fansite kan merupakan keuntungan pribadi, jadi hal tersebut dianggap merugikan perusahaan hiburan K-Pop selaku produser dari para idol tersebut. Oleh karena itu juga, para promotor jadi gencar banget untuk meminimalisir aktivitas fansite ketika para idol hendak melakukan konser dengan melaksanakan prosedur body check yang sangat ketat. Walau udah begitu, para penggerak fansite ini masih pada pinter-pinter banget untuk nyembunyiin kamera mereka di tempat-tempat yang nggak bisa dideteksi sama security. Pokoknya mereka jago banget deh. Kamera yang dipake sama para fansite juga sering kali ngerugiin banyak orang, termasuk idol itu sendiri, ketika mereka lagi beraksi. Nggak sedikit orang yang kalau nonton konser udah sering jadi korban kepentok kamera fansite. Selain itu, beberapa idol juga ngerasa terganggu dengan keberadaan para fansite ini karena mereka ngerasa kehilangan privacy atas dirinya. Sedih banget ya? Niat awal yang tadinya cuma mau bikin idol dan para fans seneng, ternyata malah ngerugiin. Walaupun illegal, aktivitas fansite masih terus berjalan hingga saat ini loh. Karena emang nggak bisa dipungkiri kalau para fans dan perusahaan juga memperoleh sedikit banyak keuntungan dari hasil kerja para fansite ini.

Penulis: Nayla Erzani

Sumber foto: https://isastudentblog.wordpress.com, 19920506.com | Fansite See the Light for EXO's Baekhyun, YouTube

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest