Follow Us

5 Cara Natural Untuk Meningkatkan Hormon Serotonin Yang Bikin Kita Auto-Happy. Yang Sering Galau Baca, Nih!

Rizki Ramadan - Jumat, 25 Mei 2018 | 16:45
(ilustrasi) teman sedang main dengan bahagia

(ilustrasi) teman sedang main dengan bahagia

HAI-online.com - Mari inget-inget pelajaran biologi dulu sebentar. Hormon serotonin adalah hormon yang bisa bikin kita hepi. Sejumlah obat medis untuk mengatasi depresi pun punya kandungan yang bisa memicu peningkatan serotonin.

Tapi, untuk meningkatkan hormon bahagia ini kita sebenernya nggak butuh bantuan obat, kok. Ada cara naturalnya

1. Membaca, menonton, atau mendengarkan sesuatu yang lucu

Kalau lagi bete atau galau, coba deh cari video kucing-kucing lucu di Instagram atau tonton Stand Up-nya Komeng di YouTube. "Ketika kita tertawa, kortisol (hormon penyebab stres) bakal menurun dan dopamin serta serotonin kita meningkat," kata Dana Carreta-Stein, seorang psikoterapis.

2. Meditasi

Salah satu cara untuk menekan kortisol adalah dengan menghayati momen. Yap, caranya adalah dengan meditasi. Diam sejenak, pejamkan mata, dan narik nafas dalam-dalam, dan jangan pikirkan apapun kecuali mengatur nafasmu.

"Untuk merasa bahagia, kita perlu latihan tenang," lanjut Carretta-Stein.

3. Olahraga

(Ilustrasi) olahraga

(Ilustrasi) olahraga

"Peneliti udah membuktikan bahwa berkeringat selama 20 menit bisa meningkatkan mood kita selama 12 jam,. Ketika kita latihan, serotonin dan dopamin akan dikeluarkan oleh otak meningkatkan kebahagiaan," kata Morgan Sttt dari ConsumerSafety.org.

So, dari pada bengong atau galau, ambil sepedamu, pakai sepatu dan berkeliling komplek 10-30 menit. Atau, kamu bisa juga ajak temenmu untuk main futsal bareng.

4. Makan Karbohidrat Yang Kompleks.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest