Follow Us

Wajib Catet! Ini Dia 7 Tips Menulis Surat Pengantar Lamaran Kerja

Alvin Bahar - Minggu, 27 Mei 2018 | 17:15
Wajib Catet! Ini Dia 7 Tips Menulis Surat Pengantar Lamaran Kerja

HAI-ONLINE.COM - Walaupun resume kamu penting, tapi surat pengantar lamaran kerja alias application letter sangat menentukan impresi pertama kamu.

Perlu diakui sih, kompetisi kerja sangatlah ketat. Setiap harinya, calon atasan kamu menerima puluhan atau bahkan ratusan lamaran dan setelah membaca untuk kesekian kalinya, kemungkinan besar mereka akan capek dengan kalimat-kalimat yang generik!

Lalu, bagaimana cara menulis surat pengantar lamaran kerja yang menarik dan meraih kesempatan wawancara?

1. Gunakanlah nada yang berbeda untuk setiap perusahaan

Hindari mengirimkan surat pengantar yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pekerjaan karena mereka terlalu generik. Kamu perlu memastikan bahwa nada surat kamu sesuai dengan tipe pekerjaan yang kamu inginkan. Apakah perusahaan tersebut menginginkan orang yang serius atau supel? Keduanya memerlukan cara penulisan surat yang berbeda.

2. Yakinkan calon atasan atau HRD dengan pengalaman kamu

Kamu harus meyakinkan pembaca bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut. Hal terbaik untuk meningkatkan nilai kamu adalah dengan menghubungkan pengalaman dan keahlian yang sudah kamu kumpulkan dengan deskripsi pekerjaan tersebut.

Cek: Nggak Nyangka, Ini 4 Keuntungan Pacaran Dengan Cewek Berlesung Pipi

3. Jadilah berbeda

Jangan ulangi apa yang kamu tulis di resume. Surat pembuka berfungsi sebagai kesempatan untuk menunjukan personalitas kamu.

4. Jangan menyebutkan kekurangan kamu

Kalo mereka nggak menanyakan kelemahan atau kegagalan kamu, jangan berikan informasi tersebut secara sukarela. Simpan jawaban itu untuk wawancara kamu.

5. Fokus terhadap perusahaan, bukan diri kamu sendiri

Berusahalah sebaik mungkin untuk menunjukan bahwa kamu peduli dengan perusahaan yang kamu lamar dan bagaimana kamu ingin membantunya bertumbuh. Hindari terlalu banyak penggunaan kata “saya” atau “aku” dan tunjukan bagaimana kamu akan menjadi komponen yang membantu.

6. Panjang surat harus tepat

Batasi surat pengantar lamaran kerja kamu sepanjang satu halaman dan empat paragraf. Yang pertama adalah perkenalan, posisi yang kamu incar, dan satu kalimat yang dapat menjelaskan alasan kamu melamar dan mengapa kamu kandidat yang tepat secara ringkas.

Dua paragraf berikutnya berisi keahlian dan pencapaian kamu yang sesuai dengan posisi yang dilamar. Pada paragraf ini sebutkan juga bila kamu bersedia untuk pindah atau alasan kamu berganti karier.

Paragraf terakhir harus menekankan mengapa kamu bersemangat untuk posisi tersebut serta ucapan terima kasih untuk waktu yang mereka berikan.

7. Jaga surat agar bersih

Periksa surat pengantar lamaran kerja kamu baik-baik dan mintalah orang lain untuk membaca surat kamu. Pastikan kalimat kamu konsisten dan bebas dari kesalahan penulisan.

Setelah melakukan petunjuk di atas, kini kamu telah siap untuk mengirimkan surat lamaran kerja kamu. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Trik Menulis Surat Pengantar Lamaran Kerja"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular