Follow Us

Ini Dua Olahraga Sore Hari yang Harus Kamu Lakukan Saat Berpuasa

Alvin Bahar - Kamis, 17 Mei 2018 | 12:15
Sepedaan dan treadmill
HAI

Sepedaan dan treadmill

HAI-ONLINE.COM - Bulan Ramadan sudah berjalan, dan kita seperti biasa masih merasa lemes dan lesu. Lapar dan haus? itu sih pasti. Tapi apa kita harus tidur seharian sampai mager total?Padahal, justru di bulan puasa, kita diharuskan untuk bergerak lebih. “Tubuh harus tetap bergerak agar dapat memobilisasi lemak untuk dikatabolisir menjadi gula darah dalam tubuh. Kadar gula akan kembali meningkat dan rasa lelah serta kantuk akan hilang,” ucap Dr. Haryo Tilarso, SpKO, FACSM.Memang, secara fisik, kita nggak dianjurkan buat menguras tenaga terlalu intens. Seperti pada di hari-hari biasa. Namun setidaknya, dengan berolahraga minimal 15 menit sehari di bulan puasa, kita bisa merasakan tubuh yang lebih enteng. Enteng dalam artian segar saat beraktivitas walaupun harus menahan lapar dan haus. Bahkan kalau nggak mau berat-berat, senam sudah cukup kok. Intinya puasa memang wajib, tapi olahraga nggak boleh dilupakan sama sekali. Jadi, apa saja sih olahraga yang cocok banget dilakukan saat kita berpuasa? Ini yang harus kamu lakukan pada sore hari!

Sepeda

Sore-sore sambil cari bukaan, bagusnya sambil bersepeda. Gowes di sore hari, selain merasakan hawa yang udah mulai adem dengan semilir angin yang bakal terasa menerpa wajah, adalah kenikmatan tersendiri dalam bersepeda.

Jika kayuhan dilakukan dengan benar, bersepeda akan melancarkan aliran darah, sekaligus mengencangkan otot yang lemas karena seharian nggak makan dan minum.

Tapi ada yang harus diperhatikan. Karena otot kita belum terbiasa bekerja keras, maka kayuhannya disarankan santai-santai aja. Bersepeda santai, sambil menikmati suasana sore hari nggak akan membuat kaki kram kalau kita nggak sok-sokan ingin menaklukan tanjakan.

Mau lebih aman, ya pakai sepeda statis indoor kayak yang ada di tempat fitness. Itu juga kalau ada di rumah.

Treadmill

Latihan treadmill hampir sama dengan jalan kaki. Bedanya memakai alat bantu sehingga lebih ritmis dengan kecepatan yang teratur dan reguler.

Meski terkesan mudah, berada di atas treadmill tuh banyak manfaatnya, terutama saat kita berpuasa, Selain menaikkan tingkat penyerapan oksigen pada darah sehingga kita merasa lebih bugar, sehat, dan tak cepat lelah.

Maklum,saat puasa, secara fisik bawaannya pasti lemas. Ya, minimal kamu bisa berlari-lari di atas treadmill minimal 10 menit sudah bagus kok.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest