Follow Us

Ini Dua Olahraga Pagi Hari yang Harus Kamu Lakukan Saat Berpuasa

Adhie Sathya - Kamis, 17 Mei 2018 | 11:36
Senam
HAI

Senam

HAI-ONLINE.COM - Bulan Ramadhan sudah berjalan, dan kita seperti biasa masih merasa lemes dan lesu. Lapar dan haus? itu sih pasti. Tapi apa kita harus tidur seharian sampai mager total?Padahal, justru di bulan puasa, kita diharuskan untuk bergerak lebih. “Tubuh harus tetap bergerak agar dapat memobilisasi lemak untuk dikatabolisir menjadi gula darah dalam tubuh. Kadar gula akan kembali meningkat dan rasa lelah serta kantuk akan hilang,” ucap Dr. Haryo Tilarso, SpKO, FACSM.Memang, secara fisik, kita nggak dianjurkan buat menguras tenaga terlalu intens. Seperti pada di hari-hari biasa. Namun setidaknya, dengan berolahraga minimal 15 menit sehari di bulan puasa, kita bisa merasakan tubuh yang lebih enteng. Enteng dalam artian segar saat beraktivitas walaupun harus menahan lapar dan haus. Bahkan kalau nggak mau berat-berat, senam sudah cukup kok. Intinya puasa memang wajib, tapi olahraga nggak boleh dilupakan sama sekali. Jadi, apa saja sih olahraga yang cocok banget dilakukan saat kita berpuasa? Ini yang harus kamu lakukan pada pagi hari!

Senam

Yap, olahraga ini adalah salah satu jenis yang paling aman dilakukan di pagi hari. Namun jangan lupa, senam yang dimaksud cocok saat bulan puasa adalah senam peregangan yang nggak terlalu menguras fisik. Ada banyak gerakan senam peregangan yang bisa dilakukan, Dari arm stretching (lengan) sampai leg stretching (kaki). Biar nggak terlalu capek, durasi per set gerakansekitar 5-10 detik saja.

Jogging

Mungkin, sebagian dari kita paling males bangun pagi untuk jogging. Haus dan lapar jadi tantangan utamanya karena keringat yang dikeluarkan jauh lebih banyak. Tapi jangan remehkan olahraga ini di kala bulan puasa. Karena dengan jogging minimal 15-30 menit, aliran darah kita bakal semakin lancar. Kebanyakan menganjurkan buat mulai jogging di hari ketiga puasa. Karena pada saat itu, tubuh mulai menyesuaikan diri dengan kondisi menahan lapar selama 14 jam. Manfaat lainnya adalah jogging meningkatkan antibodi kita. Karena penambahan sel darah putih di dalam tubuh kita terjadi karena kulit terkena sinar matahari.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest