Follow Us

Waktu Manusia di Bumi Tinggal 1.000 Tahun, Begini Caranya Supaya Kita Selamat

Alvin Bahar - Senin, 28 November 2016 | 12:00
Bumi
Alvin Bahar

Bumi

Fisikawan Stephen Hawking ngasih sebuah pernyataan yang cukup mengejutkan belum lama ini. Menurut dia, manusia memiliki sisa waktu sekitar 1.000 tahun saja untuk tinggal di Bumi! Hawking mengatakan, risiko bencana di Bumi akan makin meningkat sehingga ia nggak yakin kehidupan manusia bertahan hingga 1.000 tahun ke depan di muka Bumi.

Terus, gimana supaya bisa selamat? Menurutnya satu-satunya cara yang menyelamatkan umat manusia dari kepunahan adalah menyiapkan koloni lain di tata surya.

Stephen Hawking
Pernyataan ini disampaikan oleh Hawking dalam forum yang digelar Oxford Union di Inggris pada 14 November 2016 lalu.

"Kita harus pergi ke luar angkasa untuk masa depan manusia," kata Hawking seperti dikutip Kompas.com dari Science Alert.

Hawking mengatakan, manusia menghadapi risiko bencana yang makin meningkat seperti kemungkinan akan adanya perang nuklir, percobaan virus rekayasa genetika, atau bahkan ancaman dari peningkatan kecerdasaan buatan. Dampak perubahan iklim juga semakin jelas terlihat meskipun beberapa usaha dilakukan untuk mencegahnya.

Contohnya, semakin hari lahan untuk bercocok berkurang, begitu juga sumber makanan di laut yang merosot jumlahnya karena naiknya suhu laut. Jelas aja kalo Hawking berpendapat manusia perlu rencana cadangan.

Foto yang direkam oleh awak Ekspedisi 30 melalui Cupola di Stasiun Ruang Angkasa pada 29 Desember 2011. Merekam kawasan Danau Egirdir Golu di Turki. (Foto: Nasa)
"Kita nggak akan bertahan hidup lebih dari 1.000 tahun lagi tanpa keluar dari planet kita yang rapuh," tambah Hawking.

Ia pun mendorong publik untuk mulai memikirkan mengenai pergi ke luar angkasa.

"Saya ingin mendorong publik agar tertarik melakukan perjalanan ke luar angkasa," katanya.

Itu semua memang terdengar cukup mengerikan, namun Hawking mengatakan kita masih punya banyak waktu untuk merasa optimistis, menghargai kehidupan, dan melakukan penelitian lebih lanjut. Gimana menurut kalian atas pernyataan Hawking ini?

YouTube HAI

Editor : Alvin Bahar

Latest