Follow Us

Ini Dia Drone Zaman Dulu: Burung Merpati Dikasih Kamera, Terus Motret!

Alvin Bahar - Rabu, 09 Mei 2018 | 10:15
Merpati pos menanti penugasan foto mereka yang selanjutnya
Alvin Bahar

Merpati pos menanti penugasan foto mereka yang selanjutnya

HAI-ONLINE.COM - Jauh sebelum drone ditemukan, manusia telah mencoba berbagai benda-benda yang tersedia seperti balon dan layang-layang untuk mendapatkan foto aerial.

Nggak hanya menggunakan benda-benda, manusia pada masa itu juga menggunakan makhluk hidup untuk mengambil gambar dari udara.

Penemu asal Jerman, Julius Neubronner, mulai menggunakan burung merpati pada tahun 1907. Penerbangan pertama Wright bersaudara baru terjadi empat tahun sebelumnya, jadi, melihat dunia dari sudut pandang burung benar-benar hal baru.

Neubronner telah lama memanfaatkan merpati pos untuk mengantarkan obat-obatan racikannya kepada para pasiennya. Karena itu, ia tahu betul kemampuan burung-burung tersebut.

Cek: 10 Konstruksi Buatan Manusia Ini Respek Terhadap Alam dan Lingkungan Di Sekelilingnya

Ia kemudian merancang rompi ringan khusus untuk burung merpati, dan melengkapinya dengan kamera dua lensa.

Sebelum menerbangkan burung-burung itu, Neubronner akan mengembangkan ruang sebelah kiri baju zirah, sehingga udara perlahan akan keluar ketika burung terbang. Saat ruang tersebut mengempis, itu akan mengaktifkan pelatuk yang memicu tombol rana untuk menangkap gambar.

Merpati-merpati tersebut dibawa sekitar 96 km jauhnya dari rumah, kemudian dilepaskan. Karena burung-burung tersebut nggak mau membawa bebannya lebih jauh dari yang seharusnya, mereka akan segera pulang ke rumah, terbang di ketinggian antara 45-90 meter.

Berikut ini foto-foto aerial yang berhasil dipotret oleh burung-burung merpati milik Neubronner.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular