Follow Us

Nggak Banyak yang Tahu, Ini 5 Rahasia Penerbangan yang Diungkap Pilot

- Selasa, 08 Mei 2018 | 04:30
Ini 5 Rahasia Penerbangan yang harus lo tahu
Hai Online

Ini 5 Rahasia Penerbangan yang harus lo tahu

HAI-Online.com - Transportasi pesawat emang beda dari transportasi yang lain. Di dalam pesawat, kita emang nggak bisa lihat pilot secara terbuka. Beda sama kita naik mobil. Hehehe... Ya nggak?

Hal yang umumnya dilakuin penumpang adalah duduk, beristirahat, dan nunggu sampe tiba di tujuan. Padahal buat tahu kinerja pilot, kita boleh aja, lho, tanya langsung ke pilot atau co-pilotnya.

Dilansir dari Kompas.com, ini dia 5 hal yang bisa dilakuin penumpang kalo lagi di dalam pesawat. Cekidot!

1. Mampir ke kokpit pesawat

"Kebanyakan orang takut tidak dapat masuk kokpit. Sebenarnya tidak ada salahnya bertanya kepada kru kabin. Jika terlalu sibuk di kokpit, maka kru kabin akan memberitahu," kata McCarthy. Di maskapai Thomas Cook Airlines, McCarthy bilang ada larangan buat penumpang masuk kokpit pesawat kalo lagi terbang. Tapi dibolehin saat mendarat.

CEK JUGA NIH: Kisah Nyata! 4 Keluarga ini Ngelakuin Pembunuhan dan Penyiksaan

2. Pilot ganti rute saat ada badai

Sebelum pesawat berangkat, biasanya rute udah direncanain. Tapi kalo di tengah perjalanan lagi ada badai, pilot berinisiatif ganti rute penerbangan.

"Cuaca itu tidak dapat diprediksi. Sebelum berangkat kami memiliki tavel cuaca. Umum bagi pilot mengganti rute karena cuaca, dengan persetujuan pemantau lalu lintas (traffic controller)," jelas McCarthy.

Sebenarnya, badai belum tentu jadi situasi yang nakutin buat pilot. Tapi pergantian rute gara-gara badai juga penting buat kenyamanan penumpang.

3. Bilang aja kalo takut terbang

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest