Follow Us

Ini Dia 10 Fakta Unik tentang Bumi yang Mungkin Belum Diketahui!

- Senin, 30 April 2018 | 10:30
Bumi
Hai Online

Bumi

HAI-Online.com- Bumi merupakan tempat kita lahir, tinggal, tumbuh sampai mati. Nggak cuma kita, tapi bermiliyaran makhluk lainnya. Karena banyaknya ragam makhluk yang hidup di atasnya, nggak heran kalau bumi itu indah ketika dilihat dari atas.

Tapi di balik keindahannya itu, ternyata tempat kita berpijak setiap hari ini menyimpan banyak hal-hal aneh yang kebanyakan orang ketahui loh. Dilansir dari National Geographic, berikut adalah beberapa contoh hal-hal aneh tentang bumi yang banyak orang nggak tau

Kutub Utara dan Kutub Selatan Bertukar Posisi

Sesuai dengan namanya, kutub utara berada di atas, sedangkan kutub selatan berada di bawah Bumi. Namun, hal ini ternyata nggak selalu seperti itu, lo. Sedikit demi sedikit, kutub Bumi bergeser sekitar 40 kilometer setiap tahunnya. Kita mungkin nggak merasakan pergeseran itu, tapi inilah kenyataannya. Setiap beberapa ratus ribu tahun, kutub utara dan kutub selatan akan bertukar posisi.

Jadi, akan ada waktu saat kutub utara berada di bagian bawah Bumi dan kutub selatan berada di atas Bumi. Hal itu terakhir kali terjadi sekitar 780.000 tahun yang lalu dan akan terjadi lagi beberapa ratus ribu tahun lagi.

UDAH TAU BELUM? Ngakak! Ini Dia Nama-Nama Sekolah dan Desa yang Unik

Makhluk Hidup Terbesar dan Tertua

Apa makhluk hidup terbesar dan tertua yang ada di Bumi ini? Jawabannya adalah Armillaria gallica yang merupakan jamur madu.

Jamur ini hidup di Blue Mountain, Oregon, dan pertama kali ditemukan sekitar tahun 1992. Makhluk hidup ini diperkirakan berusia 1.500 tahun. Ukurannya mencapai 965 hektar atau setara dengan 1.665 kali lapangan sepak bola, lo!

Tempat Paling “Alien"

Alien merupakan makhluk ruang angkasa. Namun di Bumi, ternyata ada tempat yang paling unik dan disebut sebagai tempat paling alien. Tempat itu adalah Gurun Danakil di Etiopia.

Disebut tempat paling alien karena tempat ini dihiasi gas beracun, danau lava, dan sumber air panas mendidih. Namun, Gurun Danakil juga ternyata menjadi rumah bagi berbagai macam makhluk hidup.

Source : bobo.id

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest