Follow Us

Terungkap! Ini Dia Fakta Dibalik Orang Kidal

- Senin, 30 April 2018 | 07:15
Terungkap! Ini Penyebab Kenapa Orang Bisa Kidal
Hai Online

Terungkap! Ini Penyebab Kenapa Orang Bisa Kidal

HAI-Online.com - Kayaknya orang yang terbiasa beraktivitas dengan tangan kiri emang jadi topik yang menarik buat diomongin. Buat orang yang nggak terbiasa ngelihat orang kidal, pastinya bakal kelihatan aneh gitu. Padahal orang yang terbiasa ngapa-ngapain dengan tangan kidal juga banyak.

Dilansir dari Kompas.com, 10 % dari total sekitar 7,6 miliar manusia di muka bumi ini adalah kidal. FYI, mereka yang kidal nggak cuma terbiasa pakai tangan kiri aja, lho. Kalo mereka jalan atau lari, kaki kiri juga yang duluan gerak. Makan, nulis, sikat gigit, nyisir rambut, mereka juga bakal pakai tangan kiri. Penasaran kan kenapa mereka bisa dengan gampang pakai tangan kiri?

CEK JUGA NIH: Pengen Punya Badan Atletis? Coba Ikutin Latihan Kakek ini!

Dilansir dari Kompas.com lewat Medical Daily, kecenderungan buat orang dominan pakai tangan kiri ternyata udah terbentuk sejak minggu ke-8 dalam kandungan. Sedangkan kebiasaan ngemut jari juga muncul saat minggu ke-13 berdasarkan penelitian USG.

Tim peneliti gabungan dari Belanda, China, dan Inggris nemuin fakta kalo penyebab seseorang bisa kidal ternyata berasal dari saraf sumsum tulang belakang. Temuan ini buat membantah teori-teori lama kalo penyebab kidal adalah struktur otak.

Korteks motorik dalam otak sebelumnya adalah penyebab kenapa orang bisa kidal. Korteks motorik ini punya tugas buat ngasih sinyal ke sumsum tulang belakang buat gerakin tangan. Padahal korteks motorik belum terhubung saat umur dalam kandungan masih 8 minggu. Bisa disimpulkan bayi bisa milih gerakan dan tangan favoritnya waktu umur segitu! Ajaib kan?

Faktor genetik dan paparan lingkungan juga sama-sama berperan kenapa orang bisa kidal. Faktor genetik mainan peran penting saat dalam kandungan. Termasuk dalam "populasi langka", harusnnya lo jangan berkecil hati. Orang-orang keren semacam Oprah Winfrey, Barrack Obama, Bill Gates, Kurt Kobain, adalah sekian orang yang punya kemampuan kidal.

Ada beberapa fakta, nih, orang-orang kidal punya beberapa keunggulan. Antara lain orang-orang kidal cenderung melihat masalah untuk mencari solusi yang kreatif. Makanya kebanyakan musisi, pelukis, penulis, adalah bertangan kidal. Orang-orang kidal cenderung cerdas. Bahkan beberapa di antaranya punya IQ lebih dari 140, lho.

Selain itu orang-orang kidal, juga terampil pakai tangan kanan, lho. Perhatiin, deh, banyak kok orang-orang kidal yang terbiasa juga pakai tangan kanan padahal tangan kanannya jarang digunakan. Beda kan sama orang yang biasa pakai tangan kanan, dan ngapa-ngapain pakai tangan kiri pasti butuh adaptasi.

Artikel ini pertama tayang di Kompas.com dengan judul "Apa Penyebab Orang Bisa Kidal"

Source : Kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest