Follow Us

Kisah “Agama” di Argentina: Messi itu Nadi Adam, Maradona adalah Tuhan!

- Kamis, 26 April 2018 | 11:45
Ini, Lho, Lukisannya!
Hai Online

Ini, Lho, Lukisannya!

HAI-Online.com - Di Argentina, ketika sepak bola dipandang dan diperlakukan seperti agama, para pemainnya pun mendapat perlakuan berbeda. Di Argentina, setidaknya ada dua "manusia ajaib" sepak bola dilahirkan pada generasi yang berbeda.

Lionel Messi memang saat ini lebih dikenal, tetapi bagi masyarakat sepak bola Argentina, Diego Maradona adalah yang paling agung. Di sebuah sudut di kota Buenos Aires, sebuah mural tiruan dari luksian seniman besar Michaelangelo di Gereja Sistine terlihat.

Bedanya, figur Tuhan digambarkan dengan sosok Diego Maradona, sementara di tangan kanannya digambarkan nabi Adam dengan sosok Lionel Messi. Lukisan di markas klub sepaklbola Sportivo Pereyra di distrik Barracas, Buenos Aires pastilah akan mengundang senyum dari Paus Fransiskus yang kelahiran negeeri ini pula.

CEK JUGA NIH: Catatan Sejarah Liga Italia, Pertandingan Juventus VS Inter Milan di Tahun 1998

"Bagi kami, lapangan sepak bola ini adalah gereja kami, tempat suci dan gambar ini memang layak dipasang di tempat ini," kata pelatih klub, Ricardo Elsegood.

Ini, Lho, Lukisannya!
"Lukisan di gereja Sistine menggambarkan Tuhan dan nabi Adam, sementara di gereja sepakbola kami memiliki Messi dan Maradona." Dalam versi lukisan Michelangelo yang berjudul "Penciptaan Adam," Tuhan dikelilingi oleh para malaikat.

Sementara di Argentina, figur Maradona dikelilingi para bintang timnas Argentina di masa lalu dan sekarang seperti Juan Riquelme, Gabriel Batistuta, Mario Kempes, Sergio Aguero, Claudio Caniggia , Ricardo Bochini dan Ariel Ortega. Semua pemain tampil dengan mengenakan kostum kebanggaan Argentina, putih bergaris biru.

Santiago Barbeito, sang pelukis, menyebut makna dari karyanya adalah proses regenerasi yang terus menerus di tubuh timnas Argentina. "Maradona mewariskan sepakbola yang hebat ke tangan Messi," kata Barbeito. Elsegood menyebut ide lukisan tersebut muncul secara spontan.

"Pada awalnya kami hanya ingin stadion mengecat dengan warna biru dan putih. Tetapi suatu hari, si pelukis mengajukan usulan bahwa lebih baik bila kita menggambarkan figur Messi dan Maradona. Mengapa tidak?"

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Messi Itu Nabi Adam. Tuhannya...? Maradona!

Penulis : Tjahjo Sasongko

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest