Follow Us

Ini Dia Cara Tampilkan Foto dan Video yang Telah Dihapus di WhatsApp

- Selasa, 24 April 2018 | 14:30
WhatsApp Chat
Hai Online

WhatsApp Chat

HAI-Online.com - WhatsApp menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunduh foto, video, dan GIF yang telah dihapus. Sebelumnya, hal ini nggak berlaku karena sistem WhatsApp langsung menghapus file media dari server-nya pasca diunduh pertama kali oleh pengguna.

Seperti informasi yang HAI kutip dari Kompas.com, ketika pengguna menghapus file media dari WhatsApp dalam folder khusus di galeri smartphone, WhatsApp nggak menyediakan cadangannya jika ingin diunduh untuk kedua kalinya. Padahal, ada kalanya kita sebagai pengguna nggak pikir panjang sebelum menghapus file media dari galeri smartphone.

UDAH TAU BELUM? Mau Kasih Mawar ke Cewek? Pahami Dulu Arti Tiap Warna Mawar Berikut Ini

Apalagi, pengguna yang memberlakukan "auto-download" pada WhatsApp kadang nggak sadar telah mengunduh file tertentu dan nggak sengaja pula menghapusnya dari galeri. Fitur teranyar ini mengindikasikan WhatsApp memiliki mekanisme penyimpanan file baru.

Layanan chat bernuansa hijau itu akan tetap menyimpan file media di server-nya, bahkan pascadiunduh pertama kali oleh pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (23/4/2018), dari Gadgets360 Pengguna bisa menemukan fitur ini pada WhatsApp beta versi 2.18.113 ke atas.

Jika kalian menggunakan beta tester, fitur ini sudah mulai bisa dinikmati. Cara memanfaatkannya mudah, pengguna cukup menekan ikon unduh pada file media yang tertera pada obrolan WhatsApp dengan teman. Jika biasanya akan ada peringatan bertuliskan "file media tak tersedia", maka kini tak akan ada lagi tulisan semacam itu.

Untuk menghindari kecurigaan akan pelanggaran privasi data pengguna, WhatsApp menegaskan kembali bahwa semua file yang dibagi via platform-nya diamankan dengan enkripsi end-to-end.

Nggak ada yang bisa membaca pesan atau mendengar panggilan pengguna, selain pengguna itu sendiri. Bahkan, WhatsApp sendiri mengklaim pihaknya tak bisa tahu alur komunikasi pengguna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Fitur Ini Kembalikan Foto dan Video WhatsApp yang Terhapus

Penulis : Fatimah Kartini Bohang

Source : Kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest