Follow Us

Menikmati Musik Plus-plus Ala Gigs Goers: Dari Dapet Pacar Sampai Dapet Kerjaan!

Alvin Bahar - Sabtu, 21 April 2018 | 10:15
Ilustrasi gigs
Alvin Bahar

Ilustrasi gigs

HAI-ONLINE.COM - Sing a long dari satu panggung ke panggung pensi atau gigs lain tentu bisa jadi salah satu kewajiban bagi anak muda. Mulai dari nonton band idola, menikmati musik langsung, sampai hanya sekadar nemenin gebetan waktu PDKT lumrah dilakukan akhir minggu, atau bahkan bela-belain waktu hari sekolah. Nonton gigs memang sudah jadi kebiasaan dari dulu bro. Nggak heran, muncul istilah gigs goers atau mereka yang wara-wari selalu menyempatkan hadir di berbagai gigs.

Just fyi, berdasarkan studi yang dilakukan O2, orang yang sering nge-gigs itu bakal dapat dampak baik loh, seperti kebahagiaan, percaya diri, bahkan sejahtera. Nggak cuma itu, waktu 20 menit untuk nge-gigs juga dikatakan Ultimate-Guitar.com lebih baik ketimbang 20 menit untuk yoga.

Jadi gigs goers tuh ternyata memang punya banyak dampak positif. Contoh sederhananya jadi ajang silaturahmi. Kalau kata Bram, orang di balik layar video dan foto ciamik berbagai gigs akun PF Videoworks sih musik dalam gigs memang jadi perantara atau alat silaturahmi itu. Nggak cuma ke band atau musisi idola aja, tapi juga ke para penonton lain. Syukur-syukur sih bisa dapat pacar kayak Vino.

Vino dan Danilla. Bukan pacarnya tapi ya.. (Dok Vino)
“Haha iya gue ketemu pacar gue yang sekarang karena sering nonton gigs. Bahkan pas pacaran baru tahu kalau selama ini sering nonton gigs yang sama, tapi belum ketemu aja haha,” kata Vino yang punya hobi koleksi setlist band dalam gigs.

Cek: Sejarah Record Store Day dan Pengaruhnya Terhadap Musisi Indonesia

Plus-plus lain jadi gigs goers pun berimbas ke kerjaan. Baik Bram maupun Vino sekarang jadi punya kerjaan lewat kebiasaan dan kegemarannya nonton gigs. Mereka jadi gabung ke beberapa band sebagai official. Soal ketemu idola? Ah itu sih bisa jadi hal biasa, Bram dan Vino malah sudah akrab, nonkrong dan diskusi bareng dengan banyak musisi atau band idolanya. Perawakan mereka nggak jarang dihafal para awak band.

“Gue nggak pernah kebayang sih jadi bisa kenal sebagai teman beneran ke musisi idola gue,” tutur Vino.

Cara tersendiri menikmati gigs

Bramaditya (kiri) dengan kamera andalannya saat mengunjungi We The Fest 2016. (Foto: Achmad Hafiyyan Faza)
Buat dapat semua hal asik itu tentu perlu waktu yang nggak singkat. Bram bahkan bilang dia udah mulai ke gigs dari sekitar 2009. Awalnya sih ikut sang abang yang memang juga punya kegemaran yang sama. Akhirnya makin lama menikmati gigs, bahkan punya kekhasan sendiri sob. Yap, Bram selalu dokumentasiin hampir setiap gigs yang ia datangi.

“Gue sih pengen aja berbagai ke orang lain yang nggak bisa datang ke gigs,” kata Bram saat ditanya soal tujuan seringnya dokumentasi gigs.

Ambil foto dan video bagi Bram jadi caranya tersendiri untuk menikmati momen-momen di gigs. Katanya sih memang penting buat selalu punya rekaman gigs. Soal berapa banyak foto atau video yang dia punya nggak usah ditanya deh bro, baru berapa bulan aja udah sampai 2 Tera! Iya, Bram memang sesering itu pergi ke gigs. Dari awalnya masih iseng dan jarang-jarang, sampai sekarang hampir tiap minggu nggak pernah absen pergi ke sana-ke mari untuk nonton band teman atau musisi lain tampil.

Kebiasaan Bram dokumentasiin penampilan sang musisi saat manggung di gigs bikin dia kebanjiran komentar netizen. Ada yang memang mengapresiasi dan selalu menunggu unggahan-unggahan barunya di YouTube, tapi ada pula yang agak nyinyir karena dirasa teknik pengambilan gambar yang masih kurang. Bram sih santai aja.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular