Follow Us

Cara Belajar Pejuang SBMPTN Yang Nggak Ikut Bimbel Ini Perlu Kamu Contoh. Terbukti Lolos!

Rizki Ramadan - Kamis, 19 April 2018 | 05:45
Foto ilustrasi, menampilkan pelajar bekerja kelompok menyelesaikan tugas sekolah
Rizki Ramadan

Foto ilustrasi, menampilkan pelajar bekerja kelompok menyelesaikan tugas sekolah

HAI-online.com – Weits, kamu yang buka artikel ini pasti lagi ambis ngejar SBMPTN. Gimana, sudah daftar belum? Apapun pilihanmu, HAI doain bisa dapet yang terbaik, yah.

Anyway, selama ini, apa yang kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi soal-soal tingkat dewa yang akan dimunculkan di SBMPTN nanti? Pasti banyak yang ikut Bimbel, nih? Nggak ada salahnya, kok, inget Bimbel.

Tapi, kunci dari lololsnya kita di SBMPTN itu bukan sekedar ikut bimbel, sob. Yang kita butuhkan adalah tekad dan pastinya, doa.

Untuk urusan itu, kita perlu berguru sama kakak-kakak kita yang sudah ada di PTN lewat jalur SBMPTN dan saat mempersiapkan diri, mereka belajar sendiri tanpa bantuan bimbel.

Atur Waktu Belajarmu dan Disiplin

Contohlah Ihsan, lulusan MAS Al-Ihlahiyah yang kini jadi mahasiswa Manajemen Universitas Indonesia. Dulu, saat kelas XII, Ihsan rela belajar 9 jam perhari demi persiapan SBMPTN.

“Saya belajar dua kali setiap hari. Pertama, setiap pukul 03.00-06.00, lalu sore dari pukul 16.00 sampai 22.00 belajar lagi,” kata Ihsan.

Well, kamu nggak perlu sampe segiat Ihsan, tapi kamu perlu mengatur diri kamu untuk belajar. Kalau temen-temen kamu yang bimbel bisa disiplin belajar di waktu yang ditentukan, kamu juga mesti bisa.

Misalnya, kamu targetkan sehari belajar 3 jam sebelum tidur. Nah, di saat itu, kamu matikan notifikasi ponsel dan bener-bener fokus belajar.

BACA JUGA: Cerita Para Senior Yang Lolos SBMPTN Tanpa Bimbel. Motivasi Belajar Untuk Para Pejuang PTN, Nih

Tentukan Fokusmu

Materi yang diuji di SBMPTN itu banyak banget, emang. Tapi bukan berarti kita nggak bisa menguasainya sendiri.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest