Follow Us

Waspada, Olahraga Berlebihan Bisa Bikin Kamu Kena Serangan Jantung di Usia Muda

Alvin Bahar - Rabu, 18 April 2018 | 08:15
Tiap olahraga, ada sel otak baru terbentuk
Alvin Bahar

Tiap olahraga, ada sel otak baru terbentuk

HAI-ONLINE.COM - Waspada serangan jantung di usia muda adalah suatu keharusan. Jantung merupakan organ inti dalam tubuh kita yang nggak kalah penting dari otak. Ibarat komputer, otak berperan sebagai prosesor dan jantung adalah RAM-nya, yang mengendalikan cepat atau lambatnya satu proses algoritma pemrograman.

Beberapa kejadian serangan jantung pun nggak bisa dideteksi kapan munculnya. Kematian akibat jantung merupakan salah satu pembunuh terbesar di dunia. Tanpa ada peringatan apa pun, jantung bisa mengincar siapa saja, tak peduli tua atau muda. Walaupun terlihat bugar, belum tentu jadi jaminan.

Cek: Kenalin Nih Hana Kimura, Pegulat Muda Cantik Jepang Keturunan Indonesia

Lantas, apa saja sih kegiatan yang sebaiknya nggak kita lakukan agar terhindar dari "serangan mematikan" ini? Salah satunya adalah olahraga berlebihan. Olahraga memang bagus untuk kesehatan tubuh kita, tapi seperti kata pepatah "segala sesuatu yang berlebihan tidak baik," cocok untuk kegiatan yang satu ini. Olahraga bisa mematikan jika dilakukan berlebihan dan dalam tempo yang lama.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa latihan ketahanan ekstrim dapat menyebabkan perubahan sementara pada struktur kardiovaskuler jantung. Selain itu, latihan berat berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah.

Wah, hati-hati ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular