Follow Us

Cuma Orang Yang Suka Jalan Kaki Yang Merasakan 5 Manfaat Ini

Rizki Ramadan - Selasa, 17 April 2018 | 10:15
Foto Ilustrasi orang-orang berjalan kaki
Rizki Ramadan

Foto Ilustrasi orang-orang berjalan kaki

HAI-ONLINE.COM- Zaman sekarang, karena sudah banyak pilihan transportasi, ditambah lagi dengan adanya transportasi online membuat orang-orang malas untuk berjalan kaki, sekalipun untuk ke supermaket yang jaraknya nggak lebih dari 500 meter.

Padahal jalan kaki itu membawa banyak banget dampak positif serta manfaat loh, sob. Nggak percaya? Menurut Cleveland Clinic, ini nih manfaat jalan kaki secara rutin.

Mengurangi stres

Ini nih yang banyak orang nggak tau, jalan kaki itu ternyata bisa meingkatkan rasa bahagia dan membuat strs kita berkurang loh. Sejumlah studi juga menyebutkan, jalan kaki memberi manfaat bagi perasaan karena melepaskan hormon endorfin -zat kimia yang menyebabkan perasaan bahagia.

Menurunkan berat badan

Bisa dibilang jalan kaki adalah salah satu cara diet yang terbaik. Selain gratis dan mudah dilakukan, jalan kaki terbukti bisa menurunkan berat badan. Tapi harus rutin, sob.

Untuk memulai rutinitas ini sebagai bagian dari kebugaran, coba mulai berjalan sekitar 20 menit setipa hari, Kalau terlalu banyak, bisa dikurangi waktunya namun tetap dilakukan secara rutin.

Kalau 20 menit sudah terbiasa, tingkatkan terus durasinya. Tapi jangan menaikan lebih dari 10 persen setiap harinya, karena akan melebihi durasi maksimum dalam sepekan.

BACA JUGA: Banyak yang Belum Tahu, Lubang di Samping Sepatu Converse Ternyata Punya Fungsi

Menurunkan tekanan darah

Mereka yang rajin berjalan kaki memiliki resiko terkena penyakit jantung dan stroke lebih rendah, daripada mereka yang nggak sama sekali.

Mereka juga cenderung memiliki tekanan darah yang lebih rendah serta kolesterol baik yang lebih tinggi.

Halaman Selanjutnya

Membuat tidur lebih nyenyak
1 2

Source : Cleveland Clinic

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest