Follow Us

Panggilan Untuk Anak Muda Kreatif Peduli Lingkungan. Indonesia Butuh Idemu! Ayo Ikuti Kompetisi Berhadiah Ratusan Juta dan Trip Ke Jepang Ini

Rizki Ramadan - Selasa, 17 April 2018 | 10:00
Ayo Berkontribusi untuk lingkungan dengan ikut Toyota Eco Youth
Rizki Ramadan

Ayo Berkontribusi untuk lingkungan dengan ikut Toyota Eco Youth

HAI-online.com - Anak muda selalu dipercaya sebagai generasi yang bisa bawa perubahan, termasuk perubahan di bidang lingkungan. HAI yakin, sih, kamu yang baca artikel ini bukan tipe yang lebih suka melempar keluhan ke media sosial. Kamu pasti adalah anak muda yang selalu mengolah keluhan dari masalah-masalah lingkungan untuk kamu carikan solusi dan inovasi untuk memperbaikinya.

HAI punya kabar baik, nih. Sekarang, ide inovasi yang kamu pikirkan itu bisa terwujud, lho. Penelitian dan eksperimen yang kamu lakukan di lab sekolah bisa jadi sesuatu yang lebih besar dan dimanfaatkan oleh orang banyak.

Semua itu bisa terwujud kalau kamu ikutan program Toyota Eco Youth (TEY) 11. Kompetisi yang sudah dibuka sejak Februari ini mengajak kamu para anak muda kreatif, berjiwa sosial dan peduli lingkungan untuk mengirimkan proposal ide inovasi yang membawa perubahan baik untuk lingkungan dan sosial dengan semangat Eco Sociopreneur.

For your info, di tahun lalu program ini berjalan seru banget! Gimana nggak, proposal yang masuk saja menyampai 2.534. Kalau ditotal dari TEY pertama hingga ke-10, sudah ada 1.300 sekolah dari 27 propinsi yang ikut. Tahun ini, kamu mesti jadi salah satu pesertanya!

“Keberhasilan Program TEY hingga lebih dari 1 dekade dapat kami capai tentunya karena adanya sinergi antara Toyota Indonesia, pemerintah, pihak sekolah, dan komunitas masyarakat setempat. Dengan mengusung tema ‘Eco Sociopreuneur’ yaitu mengajak generasi muda untuk berkreasi membuat proyek lingkungan yang selain memiliki manfaat positif bagi alam juga memiliki nilai ekonomi untuk penduduk di sekitarnya,” ujar Darmawan Widjaja, Direktur PT Toyota-Astra Motor Darmawan

“Kami sangat mengapresiasi antusias pelajar SMA dan SMK yang ikut dalam kompetisi Toyota Eco Youth. Antusiasme mereka menunjukkan bahwa pelajar sebagai generasi penerus semakin peduli dan sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan secara berkelanjutan, demi tercapainya Indonesia yang lebih baik di masa depan,” kata Darmawan.

Ada Dua Kategori Kompetisi

TEY 11 ini mengangkat tema Eco Sociopreneur, peserta diajak untuk merancang konsep program yang melibatkan partisipasi masyarakat sekitar secara mandiri dalam pelaksanaan program lingkungannya. Progam kamu itu juga mesti bisa menghasilkan uang biar bisa berkelanjutan.

Nah, di tahun ini, ada dua kategori yang bisa kamu pilih:

1. Eco Science

Peserta diharapkan bisa menghasilkan proyek sains untuk membuat produk yang membawa kebaikan positif terhadap kualitas lingkungan dan komunitas.

Misalnya, kalau di dekat sekolah mu ada kali yang banyak sampahnya, kamu bisa merancang ide untuk membuat alat pengangkut sampah yang mudah. Lalu, kamu mengajak masyarakat sekitar untuk bergantian mengangkut sampah tersebut dan mengolahnya hingga bisa jadi produk daur ulang tertentu.

2. Eco Social

Proyek yang kamu rancang berupa aktivitas atau kampanye yang mengajak orang-orang tergerak melakukan perubahan demi lingkungan.

Misalnya, untuk mengurangi angka polusi di sekitar sekolahmu, kamu bikin kampanye yang mengimbau warga sekolah untuk mematikan motor yang dibawa jika sudah dekat sekolah. Atau kamu bisa bikin gerakan yang ngajak warga sekolah untuk saling memberi tebengan untuk berangkat atau pulang sekolah demi mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Proses Seleksinya Keren!

Toyota menjunjung tinggi banget yang namanya kualitas. Itulah mengapa mereka menerapkan sistem QCC alias quality control circle, termasuk di ajang TEY 11 ini.

Nanti, proposal yang sudah masuk bakal dilihat secara teliti. Di tahap awal, akan dipilih 25 proposal terbaik. Kriteria penilaiannya adalah permasalahan lingkungan yang diangkat, solusi yang diusulkan, rencana proyek, dan keaslian proyek.

Sementara kriteria pemenang yang digunakan dan bobot yang harus dipenuhi adalah pengaruh dari solusi (30%), rencana proyek dengan pola QCC (20%), laporan proyek secara teratur baik secara online dan tertulis (20%), rencana keberlanjutan secara ekonomis (20%) dan presentasi proyek (10%).

Hadiahnya Bikin Ngiler!

HAI yakin, kalian punya potensi yang sama untuk lolos sebagai 25 besar. Nah, kalau sudah di tahap itu, ke-25 peserta bakal diundang ke Jakarta untuk workshop selama dua hari. 25 tim itu pula bakal dikasih modal untuk menjalankan proyeknya.

Terakhir, akan dipilih 3 pemenang dari tiap kategori dan pemenang favorit. Total hadiahnya Rp600 juta, sob! Terus, juara favorit bakal diajak ekplor Jepang bersama Toyota dan disiapkan untuk ikut program Young Explore Grant yang dibikin oleh National Geography Society.

Sebuah kesempatan mewah untuk pelajar SMA, tuh!

Well, kalau kamu masih butuh motivasi untuk menunjukkan potensimu di TEY 11 ini, simak kata-kata dari Bob Azam, Direktur Administration, Corporate & External Affairs PT TMMIN ini, deh.

“Sejalan dengan semangat ‘Toyota Berbagi’ kami senantiasa berupaya menjadikan TEY sebagai wadah aktivitas yang dapat menginspirasi dan menggiatkan jiwa cinta alam sedari dini. Proposal Proyek yang dilombakan kami harapkan mampu memecahkan problem lingkungan, memberikan efek sosial, serta menjadi ‘income generating activity’. Pada penyelenggaraan tahun 2018, kami menargetkan sekitar 3.000 proposal yang berasal dari sekolah-sekolah yang tersebar di 34 provinsi. Kami ingin agar gaung kegiatan TEY dapat bergema dari Sabang hingga Merauke di seluruh wilayah Indonesia,” ujar Bob Azam

Ayo bentuk tim dari sekolah mu, rancang ide inovasinya dan daftarkan proposalmu ke www.toyotaecoyouth.com sekarang juga.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest