Follow Us

Tonton Video 36 Detik dari NASA Ini Kalo Kamu Masih Nggak Percaya Pemanasan Global Sedang Terjadi

Alvin Bahar - Senin, 16 April 2018 | 09:15
Venus Mampir di Matahari
Alvin Bahar

Venus Mampir di Matahari

HAI-ONLINE.COM - Kita mungkin hanya manusia kecil yang tinggal bersama 7,6 miliar orang lainnya dalam sebuah planet di tata surya. Tentu saja sulit untuk memahami perubahan iklim yang mempengaruhi Bumi saat ini.

Namun, fakta yang nggak bisa dihindari adalah: planet kita sedang mengalami pemanasan global dalam skala yang nggak pernah dibayangkan sebelumnya.

Dalam sebuah video timelapse yang dipublikasikan NASA ini, kita bisa melihat sendiri perubahannya.

Hanya dalam waktu 36 detik, video tersebut memperlihatkan sejarah suhu permukaan Bumi sejak 1880 hingga 2017.

Cek: NASA Bakal Kirim Lebah ke Mars, Buat Apa Ya?

NASA mengumpulkan data suhu permukaan Bumi dari beberapa jaringan seperti 6300 stasuin cuaca, kapal, dan pusat penelitian Antartika. Dan semuanya menunjukkan hasil yang hampir sama.

Dengan menggunakan pengodean warna sederhana, video ini merepresentasikan tren rata-rata suhu global saat ia perlahan-lahan berubah pada pertengahan abad ke-20. Fenomena itu dikenal sebagai anomali suhu.

Kembali ke abad 19 dan pertengahan abad 20, suhu berfluktuasi dengan rapi. Menunjukkan warna biru di beberapa area. Hanya sedikit warna oranye dan merah di tempat lain yang cuacanya lebih panas.

Namun, memasuki tahun 1980, perubahan memilukan terjadi. Peta Bumi di video tersebut perlahan-lahan penuh dengan warna kuning, oranye, hingga merah.

Lebih sedihnya lagi, dari 2013 hingga 2017, area berwarna merah semakin banyak. Periode tersebut resmi jadi lima tahun terpanas Bumi sepanjang sejarah.

“Ini adalah bagian dari tren suhu yang semakin panas dalam jangka panjang,” ujar Petteri Taalas, Sekretaris Jendral World Meteorological Organisation, November tahun lalu.

Jadi, ya, pemanasan global benar-benar sedang terjadi. Ada beberapa cara yang bisa lakukan agar Bumi nggak semakin parah. Misalnya dengan mengurangi emisi gas rumah kaca.

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Video NASA Perlihatkan Kenaikan Suhu Bumi Selama 140 Tahun"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest